Headlines News :
Home » » Lupakan 5G, Tiongkok Siapkan Jaringan 6G

Lupakan 5G, Tiongkok Siapkan Jaringan 6G

Written By Info Breaking News on Jumat, 08 November 2019 | 10.22



Shanghai, Info Breaking News – Ketika negara lain berlomba-lomba meluncurkan jaringan nirkabel 5G, Tiongkok justru tengah meneliti dan mulai mempersiapkan teknologi komunikasi generasi 6G.
Kamis (7/11/2019), media pemerintah Tiongkok menyebut langkah ini merupakan sebuah upaya guna mempromosikan inovasi teknologi nirkabel yang terbaru.

Menurut laporan Science and Technology Daily, yang diterbitkan oleh Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok, Kementerian dan lembaga penelitian mengadakan pertemuan awal minggu ini untuk membentuk kelompok penelitian dan pengembangan teknologi 6G nasional.

Diketahui, teknologi yang terkait dengan layanan seluler ultra-cepat telah menjadi titik konflik utama antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir.
Negara-negara di seluruh dunia ramai meluncurkan jaringan nirkabel generasi berikutnya 5G, yang diklaim dapat memberikan kecepatan data setidaknya 20 kali lebih cepat dari 4G. Teknologi 5G berjanji untuk mendukung teknologi baru seperti mobil self-driving (mobil otonom) dan augmented reality (realitas tertambah).
Pada April, Reuters menerbitkan satu kisah yang mengutip para pejabat Korea Selatan yang menyatakan kemenangan atas Amerika Serikat dan Tiongkok sebagai situs peluncuran komersial pertama jaringan telekomunikasi 5G.
Pejabat Korsel membuat pernyataan mereka dengan dasar bahwa jaringan baru sudah terhubung ke telepon 5G yang sebenarnya. Namun, pernyataan tersebut dibantah oleh operator AS.
Persaingan juga melibatkan Huawei Technologies asal Tiongkok, vendor peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, yang sudah sangat terlibat dalam membangun banyak jaringan ini.
Pemerintah AS khawatir peralatan Huawei dapat digunakan oleh Tiongkok untuk memata-matai. As bahkan telah menempatkan Huawei pada daftar hitam pada Mei yang melarang perusahaan itu membeli suku cadang buatan Amerika.
Pemerintah AS memimpin kampanye untuk meyakinkan sekutunya untuk melarangnya dari jaringan 5G mereka. Namun Huawei berulang kali membantah klaim tersebut. ***Armen

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved