Headlines News :
Home » » Hasil Survei BPS: Generasi Z Paling Sulit Patuhi Protokol Kesehatan

Hasil Survei BPS: Generasi Z Paling Sulit Patuhi Protokol Kesehatan

Written By Info Breaking News on Minggu, 14 Juni 2020 | 14.07



Jakarta, Info Breaking News – Survei sosial demografi Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru menyebut bahwa Generasi Z yang usianya berada di kisaran 10-22 tahun menjadi kelompok yang paling sulit mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Hasil survei tersebut disampaikan Kasubdit Indikator Statistik BPS Windhiarso Ponco Adi Putranto dalam webinar bertajuk “Membedah Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19: Pengaruhnya pada Perilaku dan Produktivitas Penduduk” yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Sabtu (13/6/2020) kemarin.

Pengkategorian generasi tersebut, ia menjelaskan, terdiri dari Generasi Baby Boomers yang lahir antara tahun 1946-1965, Generasi X yang lahir antara tahun 1965-1980, Generasi Y atau Milenial yang lahir antara tahun 1981-1994, serta Generasi Z yang lahir antara tahun 1995-2010.
Dari survei yang dilakukan kepada 87.379 responden dengan kelompok umur 17 tahun ke atas di Indonesia, didapati kesimpulan yakni mereka yang usianya semakin matang cenderung lebih baik dalam menjalankan protokol kesehatan.
“Yang muda nilai self assessment-nya lebih rendah. Kecenderungan Generasi Z, perilakunya dalam menaati protokol kesehatan lebih rendah,” lanjutnya.
Ponco mengatakan hasil survei tersebut dapat menjadi bekal pengambil kebijakan yang dikomunikasikan kepada mereka yang ada di kategori lebih muda.
“Tentu kita harapkan Generasi Z dan Milenial menyiapkan diri di tatanan kehidupan baru nanti,” katanya.
Direktur Analisis dan Pengembangan Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Ali Said mengatakan sebaran sampel survei tersebut cukup proporsional mewakili wilayah dan sebaran penduduk Indonesia keterwakilan laki-laki dan perempuan.
Namun demikian, menurut dia, memang dari sisi pendidikan kebanyakan responden lulusan SMA ke atas dan didominasi oleh
“Mungkin ini bisa bias di satu sisi, tapi kami justru dapatkan informasi valid karena tingkat pendidikan bagus responden,” tandasnya. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved