Headlines News :
Home » » BMKG: 21 Wilayah Berpotensi Dilanda Cuaca Esktrem di Akhir Pekan

BMKG: 21 Wilayah Berpotensi Dilanda Cuaca Esktrem di Akhir Pekan

Written By Info Breaking News on Minggu, 08 Agustus 2021 | 12.05


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Sebanyak 21 wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat pada akhir pekan ini.

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir dan angin kencang. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan," kata Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.


Ke-21 wilayah yang dimaksud ialah Aceh, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.


Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 18 derajat hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara 50-100%. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.


Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Banten hingga selatan Jawa Timur, Laut Jawa, dan Laut Arafuru.


BMKG juga memberikan peringatan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di daerah pesisir area yang berpeluang yang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada. ***Juenda


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved