Headlines News :
Home » » Saat Hakim Karier Yanto Menjadi Dalang Kulit Jatuhkan Vonis 15 Tahun Setya Novanto

Saat Hakim Karier Yanto Menjadi Dalang Kulit Jatuhkan Vonis 15 Tahun Setya Novanto

Written By Info Breaking News on Selasa, 08 November 2022 | 15.34

Dr. Yanto, SH, MH dengan wartawan Emil F Simatupang

Jakarta, Info Breaking News
- Melalui pagelaran wayang, banyak peristiwa dan peradaban manusia diungkapkan secara gamblang, bahkan seringkali diwarnai dengan nuansa hiburan.

"Saya walaupun dikenal sebagai seorang hakim karier, tapi saya sangat bangga biasa melakoni sebagai Dalang Kulit dalam banyak kisah dan tema kehidupan yang tetap sangat relevan walau sekarang zaman sudah semakin canggih, tapi terbukti budaya Wayang itu masih terus digemari banyak orang. " ungkap Dr. Yanto, SH MH, mantan Ketua PN Jakpus, yang kini menjabat sebagai Panmud Pidana Umum di Mahkamah Agung, saat berbincang dengan wartawan, Selasa (8/11/2022) di Jakarta.

"Kita mengetahui  bahwa wayang bagian yang penting dari budaya kita, budaya Nusantara dan kita paham benar peran dari pewayangan itu di tengah-tengah masyarakat kita," kata Prabowo Mentri Pertahanan, kepada Info Breaking News, Selasa (8/11/2022) di Jakarta

"Melalui budaya pewayangan ini kita meneruskan, kita lestarikan dan kita wariskan nilai-nilai luhur nenek moyang kita budaya bangsa, juga falsafah budaya kita, nilai-nilai kebenaran, nilai-nilai kebajikan, nilai-nilai kearifan," katanya.

Sementara itu Yanto, sang hakim karier yang juga dikenal sebagai Dalang kondang,  mengatakan dalang adalah para pejuang budaya, yang tidak pernah berhenti melestarikan budaya Nusantara yang kita banggakan.

Yanto ikut bangga karena sebelumnya Prabowo sendiri mengatakan bahwa masyarakat wajib menjaga budaya pewayangan. Sebab, wayang telah diakui oleh UNESCO sebagai kekayaan dunia.

"Kita wajib untuk menjaga budaya kita ini, budaya yang sudah diakui oleh UNESCO, oleh PBB sebagai sesuatu kekayaan dunia. Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada seluruh dalang-dalang di Indonesia," ucapnya.

"Sayaa sendiri merasa bangga sebagai seorang Dalang, walau tugas menata perkara perkara di MA semakin berjubel, tapi rasa penat itu hilang dan berganti nyaman, jika sudah men-dalangi sebuah lakon dalam acara pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk " pungkas Yanto, pria berkumis dan hakim tipikor yang ganas yang pernah menjatuhkan vonis 15 tahun kepada mantan ketua DPR RI Setya Novanto itu.*** Emil F Simatupang






Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved