Headlines News :
Home » » Jokowi Mampu Membuat RI Memiliki Pabrik Tembaga Raksasa

Jokowi Mampu Membuat RI Memiliki Pabrik Tembaga Raksasa

Written By Info Breaking News on Kamis, 29 Desember 2022 | 11.12

Presiden Joko Widodo meninjau Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika

Jakarta
, Info Breaking News - Nampaknya Presiden Joko Widodo, tak pernah lelah memikirkan nasib anak bangsa kedepannya, Ia seperti tak pernah berhenti membuat karya kerja nyata. Bahkan ketika di masa pemerintahannya inilah ujian datang bertubi-tubi, mulai dari ganasnya penyakit hantu Covid_19, hingga kasus penegak hukum yang justru melanggar hukum. Namun Jokowi tetap fokus melakukan  pembangunan dan perubahan demi rakyatnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden RI pada Oktober 2024 mendatang. Di ujung periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia diketahui bakal memiliki dua pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga. Dua smelter tersebut diantaranya dimiliki oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) dan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas menilai produksi katoda tembaga di dalam negeri diperkirakan akan berlebih. Hal tersebut menyusul dengan beroperasinya dua smelter tembaga baru tersebut.

"Paling tidak dua smelter baru tembaga yaitu yang sedang dibangun PTFI dan satu lagi oleh Amman Mineral. Dan ini apabila kami selesai dan mulai produksi katoda tembaga mungkin ada tambahan sekitar 800 ribu ton katoda tembaga," kata Tony dalam acara Mining Zone, Rabu (28/12/2022). 

Oleh sebab itu, ia berharap industri di dalam negeri dapat menyerap kelebihan pasokan katoda tembaga dengan beroperasinya proyek smelter baru. Dengan begitu, maka katoda tembaga dapat sepenuhnya dimanfaatkan untuk kebutuhan industri dalam negeri. "Ini kan sangat disayangkan kalau seandainya katoda tembaga tersebut harus diekspor. Jadi diharapkan industri yang lebih hilir lagi bisa muncul di Indonesia," ujarnya.

Ia pun mendorong agar katoda tembaga dapat diolah menjadi produk yang lebih hilir lagi oleh industri end user. Sehingga hal tersebut dapat menarik minat para investor untuk membangun industri-industri turunan lainnya di Indonesia. 

"Ada banyak lah turunan tembaga itu yang bisa dibangun di Indonesia, tentu saja kami saya juga di Kadin bidang investasi bekerja sama dengan Kementerian Investasi berusaha untuk promote untuk investasi asing masuk ke Indonesia untuk produk yang lebih hilir lagi karena raw material untuk produk itu sudah akan tersedia di Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui, dunia kini tengah berlomba-lomba menggunakan kendaraan listrik sebagai salah satu upaya mengurangi emisi karbon. Pasalnya, penggunaan kendaraan listrik bisa menekan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dianggap tidak ramah lingkungan.

Menurut Tony, permintaan tembaga dunia pun akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik (Electric Vehicle/ EV).

Tak hanya kendaraan listrik, permintaan tembaga dunia juga akan ikut terkerek naik karena tren pengembangan pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT). Terlebih, 70% kebutuhan tembaga dunia untuk menghantarkan listrik.

"Kalau dilihat dari demand-nya tembaga ini di dunia 70% (tembaga) dibutuhkan untuk menghantarkan listrik. Dan sekarang ini ada begitu banyak perusahaan, begitu banyak investor yang sedang membangun listrik yang dihasilkan dari energi baru dan terbarukan," ungkap Tony.

Tony juga mencontohkan bahwa untuk satu mobil listrik yang diproduksi akan membutuhkan hingga empat kali lipat ton tembaga lebih banyak dari mobil konvensional. Sedangkan untuk kelistrikan, dia menyebut, setiap 1 Mega Watt (MW) solar panel atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan membutuhkan tembaga sebesar 4 ton.

"Setiap Mega Watt wind farm (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin) itu kan akan membutuhkan 1,5 ton tembaga, setiap 1 Mega Watt solar panel akan membutuhkan 4 ton tembaga, satu mobil listrik akan butuh 4 kali lipat tembaga lebih banyak dari mobil biasa," paparnya. Oleh karena itu, Tony berharap industri hilir dari tembaga di dalam negeri akan semakin berkembang. *** Lisa AF

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved