Headlines News :
Home » » Hanya Menginap Semalam Di Salemba Bharada E Kembali Ke Rutan Bareskrim

Hanya Menginap Semalam Di Salemba Bharada E Kembali Ke Rutan Bareskrim

Written By Info Breaking News on Selasa, 28 Februari 2023 | 10.58

 Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E

Jakarta
, Info Breaking NewsRichard Eliezer kemarin, Senin 27 Februari 2023 dipindahkan ke Lapas Salemba. Namun beberapa jam kemudian ia dikembalikan ke Rutan Bareskrim Polri. Kepala Bagian Humas Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti mengatakan, Bharada E dikembalikan ke Rutan Bareskrim Polri dengan alasan keamanan, keselamatan dan rekomendasi dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

“Berdasarkan rekomendasi LPSK dengan pertimbangan keamanan Richard Eliezer selanjutnya menjalankan pidana di Rutan Bareskrim,” kata Rika, Selasa 28 Februari 2023.

Bharada E hanya beberapa jam saja di Lapas Salemba yang datang sekitar pukul 14.40 WIB. Menurutnya, kembalinya Bharada E ke Rutan Bareskrim Polri lantaran mengakomodir rekomendasi LPSK. 

“Kita akan selalu akomodir rekomendasi LPSK karena ini bagian dari kerjasama koordinasi kami dengan LPSK dan para penegak hukum,” ujarnya.

Selain faktor keamanan yang menyebabkan Eliezer harus kembali ke Rutan Bareskrim, Rika menyebut ada beberapa faktor lainnya soal pemindahan tersebut. Namun ia tidak dapat menjelaskan lebih merinci. Rika mengatakan meski Eliezer ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri, namun statusnya tetap sebagai warga binaan Lapas Kelas 2A Salemba, yang dititipkan di Rutan Bareskrim Polri

“Ada beberapa pertimbangan lainnya, yang kita tidak bisa jelaskan lebih jauh dan lebih detail, eksekusinya kita malam ini, statusnya yang bersangkutan adalah warga binaan Lapas kelas 2A Salemba, dititipkan di Rutan Bareskrim. Tentunya dengan pendampingan LPSK,” katanya.

LPSK merekomendasikan agar Richard Eliezer Pudihang Lumiu dipindahkan ke Rutan Bareskrim Mabes Polri demi alasan keselamatan. 

"Pertimbangannya soal keamanan. Kami mempertimbangkan keselamatan Richard Eliezer, karena di Lapas lebih banyak orang (warga binaan), sehingga potensi keselamatan dia harus kita jaga. Sedangkan di rutan Bareskrim lebih sedikit orang jadi bisa kita pantau keselamatannya," ujar Wakil Ketua LPSK Susilaningtias. 

Susilaningtias juga mengungkapkan rekomendasi pemindahan Bharada E ke Rutan Bareskrim, demi membantu persiapan yang bersangkutan untuk kembali bertugas sebagai anggota Polri.

"Selain itu juga dengan di Rutan Bareskrim juga mendekatkan Richard dengan Korps Polri untuk persiapan bertugas kembali," tutupnya.***Tiara

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved