Headlines News :
Home » » Menjelang Akhir Tahun 2024 Mahkamah Agung dan Lembaga Hukum Terkait Pindah ke IKN Kaltim

Menjelang Akhir Tahun 2024 Mahkamah Agung dan Lembaga Hukum Terkait Pindah ke IKN Kaltim

Written By Info Breaking News on Jumat, 09 Juni 2023 | 03.47

Indah dan mewahnya IKN Kaltim Mengalahkan Singapora

Balikpapan, Info Breaking News -
 Pembangunan sarana dan infra struktur dengan semua bagiannya terus dipacu kecepatannya demi terwujudnya tahun depan perayaan nasional HUT  RI, 17 Agustus 2024 di IKN Kaltim dengan segala kemewahannya , dan sengaja Presiden Joko Widodo mengundang hadir di IKN sejumlah kepala negara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki  dan raja raja dunia, termasuk para investor yang terus digalang oleh kehebatan pendekatan Luhut Panjaitan.

Itu juga yang membuat pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. 

Hal itu disampaikan Basuki saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol IKN segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung serta area nursery yang berada di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

"Nanti kalau sudah selesai Jalan Tol IKN ini, waktu tempuh menuju KIPP kira-kira hanya 30-40 menit saja. Kalau sekarang kan masih sekitar 2 jam," kata Menteri PUPR, Basuki kepada info Breaking News, Jumat (9/6/2023)di Balikpapn, Kaltim.

Tempadung s di Balikpapanepanjang 7,325 kilometer sendiri merupakan jalan lanjutan dari segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km. Kemudian, jalan tol berlanjut menuju segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang ditargetkan rampung pada 2024. Sepanjang koridor jalan tol tersebut, ditanam juga 52.000 pohon dan akan terus bertambah. 

"Nanti akan ditanam sebagai beautifikasi jalan tol dan dikelompokkan sesuai dengan jenis tanamannya. Beberapa jenis tanaman yang siap ditanam adalah pulai, ketapang kencana, suren, damar, beringin, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol," kata Basuki. 

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Reiza Setiawan menambahkan, saat ini progres pembangunan Jalan Tol IKN telah mencapai 25 persen. 

"Pekerjaan dilakukan oleh PT Wika, PT PP, dan PT Jaya Konstruksi (KSO) dengan target penyelesaian pada Juni 2024. Total panjang jalan tol yaitu 7,325 km dengan nilai kontrak sebesar Rp 1,9 triliun," sebut Reiza.

Dan sebelumnya Presiden Joko Widodo sudah memberikan instruksi kepada jajaran terkaitnya, untuk mempersiapkan pindahnya sejumlah lembaga hukum seperti Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, KPK serta Kementerian yang ada pada menjelang akhir Tahun 2024 mendatang.

Kota DKI Jakarta menjadi pusat bisnis dan sentra ekonomi, sementara IKN Kaltim memjadi Pusatnya pemerintahan RI. *** Emil Simatupang


Baca berita menarik lainnya, hanya tinggal klik Beranda diawah ini
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved