Headlines News :
Home » » Pemerintah Gelontorkan Rp 22 Triliun untuk Proyek Tol hingga Pembangunan IKN

Pemerintah Gelontorkan Rp 22 Triliun untuk Proyek Tol hingga Pembangunan IKN

Written By Info Breaking News on Kamis, 29 Juni 2023 | 14.15

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Jakarta, Info Breaking News
- Bertekad menjadikan ibukota bergengsi yang disegani dunia, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan hingga 31 Mei 2023, pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp 22 triliun untuk insfrastruktur, termasuk di dalamnya proyek pembangunan IKN Nusantara.

"Kluster infrastruktur Rp 22 triliun, APBN untuk perumahan FLPP, APBN untuk proyek strategis nasional,"  kata Sri Mulyani kepada Info Breaking News,tulis Sri Mulyani dalam Kamis (29/6/2023)di IKN Kaltim. 


Ia menyebut alokasi awal untuk infrastruktur itu untuk membangun jalan tol, bendungan, irigasi, air baku, jalur kereta api, pembangunan ibu kota negara (IKN) baru dan kawasan strategis pariwisata nasional.


Sementara itu, APBN untuk perumahan digunakan untuk menyalurkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) bagi masyarakat berpenghasil rendah (MBR).


"82.361 unit rumah FLPP untuk MBR di 380 kota/kabupaten,” lanjut Sri Mulyani.


Adapun total pembiayaan investasi di kluster infrastruktur selama 2023 tercatat Rp 85,3 triliun. Angka itu sebagaimana dikutip dari buku APBN 2023 Kementerian Keuangan.


Dalam rincian APBN 2023, anggaran itu akan digunakan untuk kelanjutan pembangunan infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera, pembangunan ketenagalistrikan seperti transmisi, gardu listrik, dan listrik desa.


Tak hanya itu, dana juga digunakan untuk penyediaan lahan untuk infrastruktur proyek strategi nasional (PSN) dan dukungan pembiayaan perumahan bagi MBR.


Diketahui, pemerintah menentukan pembiayaan investasi untuk tiga sektor prioritas yang terdiri dari infrastruktur, pendidikan dan klaster lainnya. 


Anggaran masing-masing yakni Rp 85,3 triliun untuk klaster infrastruktur, Rp 20 triliun untuk pendidikan, dan Rp 70,6 triliun untuk klaster lainnya. ***Jeremy Foster


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved