Headlines News :
Home » » 4 Tokoh Ini Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2023

4 Tokoh Ini Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2023

Written By Info Breaking News on Selasa, 29 Agustus 2023 | 11.02


Jakarta, Info Breaking News
- Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) tahun ini diberikan kepada empat tokoh yang dinilai berkontribusi dalam bidang masing-masing.

Keempat tokoh tersebut adalah Fachry Ali untuk bidang pemikiran sosial, Joko Pinurbo untuk bidang sastra, Andrijono untuk bidang kedokteran, dan Carina Joe untuk bidang sains.


Ketua Penyelenggara Penghargaan Achmad Bakrie XIX, Aninditha Anestya Bakrie, mengatakan penerima penghargaan tahun ini dipilih melalui seleksi ketat tim juri yang terdiri dari tim Freedom Institute, perwakilan Bakrie Group, dan pakar atau konsultan independen. 


“Mereka adalah orang Indonesia yang selama ini mengabdikan hidupnya untuk berkarya yang bermanfaat bagi orang banyak, ini sesuai amanah H Achmad Bakrie tentang keIndonesiaan dan kemanfaatan,” ungkap wanita yang kerap disapa Ditha tersebut, Senin (28/8/2023).


Co-Founder PAB, Rizal Mallarangeng mengungkapkan setelah melalui diskusi dan pertimbangan, tim juri memberikan penghargaan pada empat tokoh untuk empat bidang.


Fachry Ali dinilai berjasa memakai ilmu-ilmu sosial dalam melihat Islam Indonesia dan berkontribusi memperkenalkan kajian-kajian ilmu sosial kepada komunitas intelektual Islam Indonesia. Setelah itu, ada puisi karya Joko Pinurbo yang secara tajam menggabungkan warisan puisi lirik dengan budaya populer dan satire sosial.


Selanjutnya di bidang kedokteran, Adapun Andrijono berhasil menemukan deteksi dini atas kanker rahim (serviks) melalui air kemih. 


“Ini revolusioner dalam membantu perempuan mengantisipasi penyebab tertinggi kedua meninggalnya wanita setelah kanker payudara,” kata pria yang juga merupakan Direktur Eksekutif Freedom Institute itu.


Sementara itu, Carina Joe melalui hasil risetnya membantu mempercepat penemuan vaksin AstraZeneca yang ikut berperan dalam mengatasi pandemi Covid-19.


Rizal menyampaikan semua penerima, termasuk Carina Joe yang kini berdomisili di London, bersedia menerima penghargaan dan akan hadir di acara Penghargaan Achmad Bakrie XIX yang akan digelar di Jakarta, Sabtu (2/9/2023) mendatang.


Sejak digelar pertama kali pada 2003 sampai penyelenggaraan terakhir pada 2022 lalu, Penghargaan Achmad Bakrie telah diberikan kepada 82 penerima yang terdiri dari 78 perorangan dan empat lembaga atau kelompok. 


Ditambah dengan tahun ini, maka total penerima penghargaan saat ini berjumlah 86 penerima. ***Jeremy Foster


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved