Headlines News :
Home » » Dukung Kamaruddin Simanjuntak, Rekan Advokat Datangi Bareskrim Polri Mengenakan Toga

Dukung Kamaruddin Simanjuntak, Rekan Advokat Datangi Bareskrim Polri Mengenakan Toga

Written By Info Breaking News on Senin, 14 Agustus 2023 | 11.19

Para rekan advokat mengenakan toga sebagai bentuk dukungan kepada Kamaruddin Simanjuntak

Jakarta, Info Breaking News
- Para rekan advokat dengan didukung sejumlah organisasi masyarakat mengadakan aksi protes sebagai bentuk solidaritas sehubungan dengan penetapan rekan Kamaruddin Simanjuntak oleh Ditipid Cyber Crime Polri sebagai tersangka dugaan dan penyebaran hoaks. 

Rekan advokat mengaku menyayangkan keputusan ini padahal apa yang disampaikan oleh rekan Kamaruddin Simanjuntak merupakan tugas profesi dalam rangka pembelaan terhadap kliennya Bu Rina Lauw dan secara materi dapat dipertanggungjawabkan pembuktiannya dengan bukti-bukti yang kuat. 


Berdasarkqn UU No. 18 tahun 2003 khususnya pada pasal 16 seharusnya “Advokat tidak dapat dituntut baik secara perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas profesinya dengan itikad baik untuk kepentingan pembelaan klien di dalam maupun di luar sidang pengadilan”. Hak imunitas advokat juga ditegaskan melalui putusan Mahkamah Konstitusi No: 26/PUU-XI/2003.


"Apakah hak imunitas advokat selaku penegak hukum yang diakui undang-undang dan juga merupakan catur wangsa penegak hukum sudah tidak berlaku lagi? Dan apakah para penegak hukum yang lain sudah tidak menghargai lagi hak imunitas advokat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam membela hak hukum kliennya?" kata sesama advokat, Martin Lukas Simanjuntak.


Atas penetapan tersangka kepada rekan Kamaruddin Simanjuntak banyak organisasi advokat, rekan-rekan advokat, dan organisasi masyarakat serta aktivis sosial yang terpanggil karna hati nurani untuk membela dan membantu, baik dalam wujud bantuan hukum dan juga aksi solidaritas sosial. Antara lain telah hadir perwakilan-perwakilan dari organisasi advokat, seperti AAI, PERADI, dan PERADI RBT Dpc Jakbar dari Abang Berry Sidabutar. 


Selanjutnya ada organisasi bantuan hukum antara lain PPHKI, PBHI, LBH IS, dan Partai PDRIS. Ada juga organisasi masyarakat seperti Pemuda Batak Bersatu dan Horas Bangso Batak. Selain itu, hadir pula LQ Indonesia Lawfirm. Mereka seluruhnya sepakat masing-masing individu yang hadir akan memberikan bantuan dan pembelaan hukum serta aksi solidaritas sosial kepada Kamaruddin Simanjuntak.


Dari hasil pertemuan para rekan advokat dan sejumlah organisasi, didapatkan sejumlah kesepakatan sebagai berikut:


1. Surat kuasa untuk para advokat akan digabung di dalam satu surat kuasa Firma Hukum Victoria.


2. Nama-nama advokat yang bergabung akan diberikan kebebasan yang seluas-luasnya untuk ditambahkan di dalam surat kuasa. Namun, nama yang akan diserahkan pada hari Senin, 14 Agustus 2023 adalah nama-nama advokat yang diterima paling lambat hari Minggu, 13 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB.


3. Setiap advokat yang tergabung dapat bertindak baik secara bersama-sama maupun secara sendiri untuk memberikan bantuan hukum dan pembelaan terhadap Kamaruddin Simanjuntak.


4. Seluruh organisasi advokat, organisasi bantuan hukum, organisasi masyarakat, dan kelompok atau firma lain dapat membuat surat dan melayangkan surat kepada Kepolisian Republik Indonesia guna kepentingan pembelaan hukum dan bantuan hukum kepada Kamaruddin Simanjuntak.


5. Hari ini pukul 20.00 WIB kita akan serempak menaikan foto atau video atau dukungan kepada Kamaruddin Simanjuntak dengan Hashtag #SAVEKAMARUDDINSIMANJUNTAK #SAVEADVOKAT. Saya akan datang ke Mabes Polri untuk mendukung Kamaruddin Simanjuntak.


6. Pemeriksaan terhadap Kamaruddin Simanjuntak akan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2023 dan kita akan berkumpul pada pukul 08.00 WIB di Kalayang (Kantin Layang) Kementerian PUPR, Jakarta Selatan.


7.  Apabila ada organisasi atau mahasiswa atau individu yang ingin hadir dengan senang hati dapat bergabung bersama-sama untui memberikan support moril dan dukungan kepada Kamaruddin Simanjuntak


8. Dress code Advokat menggunakan Toga dan untuk rekan-rekan organisasi dan atau mahasiswa dapat mengenakan seragam atau almamater masing dengan menggunakan pita hitam di lengan.


9. Sejumlah PIC sudah ditunjuk untuk mendukung gerakan dukungan kepada Kamaruddin Simanjuntak, antara lain Inang Irma Hutabarat sebagai Ketua Tim Media Center, Gabe Maruli Sinaga sebagai Tim Campaign Kreatif, dan Bung Fredrik Pinankunary sebagai Tim Digital Kreatif dan Konseptor.


10. Pada tanggal 14 Agustus 2023 kita akan turut mengundang berbagai media dan sebelum pemeriksaan kita akan mengadakan press release.


Fiat Justicia Ruat Caelum - Hendaklah Keadilan Ditegakkan Walaupun Langit akan Runtuh


Non nobis solum nati sumus ortusque nostri partem patria vindicat, partem amici - Kita tidak lahir hanya untuk diri kita; negara dan teman-teman kita juga perlu kita perhatikan. *** Joseph Manik


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved