Headlines News :
Home » » Ganjar: Ada 3 Fondasi untuk Wujudkan Indonesia Maju

Ganjar: Ada 3 Fondasi untuk Wujudkan Indonesia Maju

Written By Info Breaking News on Senin, 18 September 2023 | 00.01


Jakarta, Info Breaking News
- Hadir dalam acara “Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia”, Ganjar Pranowo menyampaikan ada tiga fondasi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Ketiga fondasi tersebut adalah digitalisasi dalam pemerintahan, membasmi korupsi, serta melipatgandakan anggaran negara untuk mewujudkan pelayanan berkualitas.


"Tugas kita tidak bisa biasa-biasa saja, harus berlari. Sat set gerak cepat," tuturnya dalam acara yang digelar oleh Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).


Bakal calon presiden (bacapres) tersebut menilai sistem digital di Indonesia, seperti contohnya digitalisasi pelayanan masyarakat hingga perpajakan untuk menghilangkan celah tindak pidana korupsi, perlu ditingkatkan. 


Ia mengungkap saat dirinya masih menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, dia dapat menghemat anggaran Rp 1,2 triliun melalui e-budgeting dan e-planning.


Ganjar menekankan pentingnya memerangi korupsi. Menurutnya, budaya korupsi dapat dihapus dengan memiliki sumber daya manusia yang unggul dalam pemerintahan. Masyarakat juga harus dilibatkan dalam melawan korupsi dan transparansi kinerja pemerintah juga harus ditingkatkan.


“Antikorupsi itu harus dilakukan sejak dari dini,” ungkapnya.


Ganjar mengaku pernah mengajak semua kepala daerah di kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk kerja sama dengan KPK dalam usaha memberantas korupsi.


Lantas, bagaimana cara meningkatkan kualitas SDM di Indonesia? Ganjar memaparkan pembangunan sumber daya manusia yang produktif dapat dilakukan melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan, stabilisasi harga bahan pokok untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dengan cara meningkatkan sentra produksi bahan pokok hingga menyeimbangkan neraca ekspor dan impor pangan.


Upaya konkret untuk menghapus kemiskinan, lanjut Ganjar, adalah dengan mengadakan program-program sosial yang lebih kuat, program ke padat karya, dan membangun rumah layak huni.


Selain itu, pemerintah juga perlu meluaskan insentif guru honorer serta peran semua pihak untuk membantu pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan.


Terakhir ia berpendapat, Indonesia butuh penguatan jaringan pengaman sosial dengan satu data dan perluas jangkauan BPJS Kesehatan hingga tingkatkan akses kesehatan. ***Deviane


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved