Headlines News :
Home » » KPU Tegaskan Surat Suara Tercoblos di Taiwan Hanya Disinformasi

KPU Tegaskan Surat Suara Tercoblos di Taiwan Hanya Disinformasi

Written By Info Breaking News on Selasa, 23 Januari 2024 | 09.43

Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Kholik

Jakarta, Info Breaking News
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menepis isu adanya surat suara di Taiwan yang telah tercoblos pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Kholik menyatakan pihaknya telah mengkonfirmasi info tersebut ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei.


Berdasarkan konfirmasi dari PPLN Taipei, dapat dipastikan bahwa isu tersebut hanyalah disinformasi. Idham menegaskan proses pengemasan surat suara pos dipantau oleh CCTV.


"Hasil konfirmasi kami kepada PPLN Taipei yang dimana Ketua PPLN Taipei menyatakan bahwa video yang beredar luas atau viral tersebut itu indikasi kuatnya disinformasi. Karena proses pengemasan surat suara pos itu dipantau dengan CCTV diawasi dengan PPLN," jelasnya.


Menurut Idham, secara struktural KPU melakukan konfirmasi dengan PPLN. Meski begitu, pihaknya juga menghormati kewenangan Bawaslu untuk melakukan pengecekan.


“Secara struktural kami hanya ke PPLN mengkonfirmasi hal tersebut. Kalau ke Bawaslu kami menghormati kewenangan atributif yang dimiliki oleh Bawaslu dalam penegakan hukum pemilu atas dugaan pelanggaran," ucapnya.


Sebelumnya, sebuah video viral pada Jumat (19/1/2023) menampilkan dua orang pria sedang memperlihatkan surat suara yang telah tercoblos. Salah satunya merupakan surat suara Pilpres 2024, sedangkan yang satu lagi adalah surat suara Pileg 2024. Surat suara Pilpres 2024 terlihat sudah tercoblos di paslon Ganjar dan Mahfud. Sementara itu, surat suara Pileg 2024 tercoblos di bagian PDI-Perjuangan.


Menanggapi hal ini, Deputi Kanal Media TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Karaniya Dharmasaputra, menegaskan pihaknya tidak ada yang melakukan pencoblosan surat suara tersebut. 


"Perlu dipertegas, tadi kan pertanyaannya kok yang dicoblos Ganjar-Mahfud? Yang ingin kami pertegas bahwa kami sudah mengecek bahwa itu tidak ada satupun dari pihak Ganjar-Mahfud lakukan pencoblosan. Itu pertama. Mohon itu dipertegas," kata Karaniya dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024). ***Winda Syarief


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved