Headlines News :
Home » » Adde Rosi: Jadikan Insiden Kebakaran Lapas Tangerang Momentum untuk Tuntaskan RUU Pemasyarakatan

Adde Rosi: Jadikan Insiden Kebakaran Lapas Tangerang Momentum untuk Tuntaskan RUU Pemasyarakatan

Written By Info Breaking News on Jumat, 10 September 2021 | 15.48

Anggota Komisi III DPR Adde Rosi Khoerunnisa

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Musibah kebakaran di Lapas Tangerang diharapkan menjadi momentum bagi pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Pemasyarakatan.

Anggota Komisi III DPR Adde Rosi Khoerunnisa mengungkapkan hal ini bertujuan agar isu-isu terkait kapasitas berlebihan, sarana di Lapas, dan berbagai persoalan lainnya dapat teratasi dengan baik.


Meski telah lama dibahas, RUU Pemasyarakatan tak kunjung disahkan. Adde Rosi menyebut RUU ini pada periode lalu, tinggal pengesahannya namun tak selesai. Kini RUU Pemasyarakatan pun kembali masuk Prolegnas.


“Kami harapkan Komisi III DPR RI dan Pemerintah segera duduk bersama untuk membahas kembali RUU ini, demi perbaikan Lapas di masa mendatang. Karena ini persoalan kemanusiaan dan jd persoalan bersama, tidak bisa ditunda terlalu lama," kata Anggota Baleg DPR tersebut, Jumat (10/9/2021).


Ia menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban akibat peristiwa kebakaran yang mengakibatkan 41 orang meninggal dunia serta korban luka lainnya.


"Pertama, ini tragedi dan musibah yang menyayat hati dan memprihatinkan bagi kita semua. Saya sampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban," ungkapnya.


Ia pun meminta pihak kepolisian agar mengusut tuntas dan melakukan investigasi menyeluruh penyebab peristiwa kebakaran yang mengakibatkan jatuhnya korban meninggal dan korban luka.


"Kementerian Hukum dan HAM agar lakukan langkah-langkah cepat dan terukur untuk memastikan evakuasi dan penanganan terbaik bagi korban luka serta pemulihan keluarga korban," katanya.


Dia juga mengatakan Kebakaran di Lapas Tangerang memperpanjang deretan kasus kebakaran yang pernah terjadi sebelumnya. Di tahun 2020 tercatat ada sejumlah kasus kebakaran. Pertama, kerusuhan dan kebakaran di Lapas Tuminting, Manado, Sulawesi Utara. Selanjutnya di Lapas Purwokerto terbakar dan ketiga kasus kerusuhan dan kebakaran Lapas Kabanjahe, Sumatera Utara.


Berangkat dari hal tersebut, Adde Rosi menekankan perlunya formulasi strategi mitigasi agar musibah berat seperti yang menimpa Lapas Tangerang itu tidak terjadi lagi.


"Kita ingin tekankan adanya evaluasi dan formulasi strategi mitigasi agar tidak terulang kembali. Selain itu, persoalan kelebihan kapasitas lapas juga harus menjadi atensi khusus untuk menjamin pemenuhan aspek kemanusiaan, kesehatan, dan keselamatan," pungkasnya. *** Abah Juwan.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved