Headlines News :
Home » » Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 27 Wilayah di Tanah Air

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 27 Wilayah di Tanah Air

Written By Info Breaking News on Kamis, 28 Oktober 2021 | 11.46


JAKARTA, INFO BREAKING NEWS -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di 27 wilayah di Tanah Air, Kamis (28/10/2021).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang, longsor dan banjir," demikian pernyataan dari Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.


Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Lampung.


Selanjutnya, ada provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.


Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 36 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.


Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-18, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.


Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten hingga Jawa Barat dan Laut Arafuru.


Waspada tinggi gelombang lebih 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di perairan barat Aceh, perairan barat Simeulue hingga Kepulauan Simeulue, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatera, perairan selatan Banten hingga Pulau Sumba, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT.


"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.” ***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved