Headlines News :
Home » » Demi Suksesnya IKN, Pemerintah Berikan HGB 80 Tahun

Demi Suksesnya IKN, Pemerintah Berikan HGB 80 Tahun

Written By Info Breaking News on Jumat, 07 Oktober 2022 | 14.26


Jakarta, INFO Breaking News 
- Guna mensukseskan proyek Nasional untuk menjadikan Ibukota yang megah dan bergengsi dimata dunia, maka Pemerintah menyiapkan sejumlah aturan dan insentif untuk meningkatkan daya tarik investor berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Di sektor pertanahan di antaranya Hak Guna Bangunan (HGB) dapat diberikan sampai jangka waktu 80 tahun.

Demikian disampaikan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dalam pemaparan Hasil Survei Nasional INDIKATOR 'Sikap Publik terhadap Program Reformasi Pertanahan dan Perpajakan' secara virtual, Kamis (6/10/2022).

"Rencananya kita akan berikan satu perizinan bagi investor di sana (IKN) selama 80 tahun itu dibagi 3 tahap, tapi kita bisa berikan izin langsung 80 tahun," katanya.

Hal itu berbeda dengan pemanfaatan HGB yang berlaku saat ini. Dalam Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria Pasal 35, HGB diberikan dalam jangka waktu paling lama 30 tahun dan dapat diperpanjang maksimal 20 tahun atas permintaan pemegang hak mengingat keperluan serta keadaan bangunannya.

Kembali ke Hadi, mantan Panglima TNI itu menjelaskan ada 9 wilayah perencanaan di IKN. Sebanyak 4 di antaranya saat ini sudah selesai untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan tinggal menunggu disahkan Kepala Badan Otorita IKN.

"Kemudian 5 wilayah perencanaan sendiri yang sekarang sudah kita lakukan bantuan teknis itu akan selesai di akhir 2022, sehingga praktis kegiatan-kegiatan di IKN sekarang berjalan dengan baik dan kami optimis bahwa semuanya lancar sesuai dengan yang kita inginkan bersama," kata Hadi menambahkan. *** Lisa AF/Mil.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved