Headlines News :
Home » » Pengacara Prof. OC. Kaligis Menggugah OJK Terkait Duitnya 2,5 Miliar di Jiwasraya

Pengacara Prof. OC. Kaligis Menggugah OJK Terkait Duitnya 2,5 Miliar di Jiwasraya

Written By Info Breaking News on Jumat, 14 Oktober 2022 | 10.52




Jakarta
, Infobreakingnews - Pengacara kondang Prof. OC. Kaligis kali ini mengunggah hati para petinggi di lembaga keuangan OJK guna mendapatkan dukungan terkait uang miliknya senilai Rp 2,5 miliar yang hingga kini masih di kuasai secara ilegal oleh pihak Jiwasraya. 

Berikut dibawah ini surat OC. Kaligis secara utuh yang diterima redaksi:


Jakarta, Jumat 14 Oktober 2022

No. 731 /OCK.X/2022

Kepada Yth,

Ketua Dewan

OTORITAS JASA KEUANGAN

Gedung SOEMITRO DJOJOHADIKUSUMO

JlnLapangan Banteng Timur No.2-4

JAKARTA PUSAT


Dengan hormat,

 

Saya, PROF. DR. O.C. KALIGIS, adalah salah satu nasabah Protection Plan PT Asuransi Jiwasrayaselanjutnya disini disebut sebagai PEMOHON, bersama ini menyampaikan hal berikut ini:

 

1. 12 Rekomendasi Pansus Asuransi Jiwasraya DPD RI dalam kasus Asuransi Jiwasraya.

 

2. Catatan dari angka 3: “Merekomendasikan kepada Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN, terutama  Asuransi Jiwasraya agar segera menyelesaikan utang atas polis nasabah Jiwasraya yang tidak mengikutirestrukturisasi sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh nasabah.

 

3. Catatan dari angka 10: ”Merekomendasi Otoritas Jasa Keuangan untuk memperketat  pengawasan terhadap jenis produk dan investasi asuransi.

 

4. Catatan pemohon: Seandainya OJK di saat launching produk Protection Plan, melalui 10 Bank yang ditunjuk sebagai agen pemasaran, OJK melakukan pengawasan ketat, dimana ternyata sejak tahun 2004 telah terjadi mega korupsi di tubuh Jiwasaraya, maka para pemegang polis Protection Plan Jiwasraya tidak akan kecolonganKarna OJK tidak melakukan pengawasan ketatmaka akibatnya para pemegang polis Protection Plan  menjadi korban penipuan.

 

5. Pasal 75 Undang Undang nomor 40 tahun 2014: Setiap orang yang dengan sengaja tidak memberikan informasi atau memberikan informasi yang tidak benar, palsu, dan atau menyesatkan kepada pemegang Polis, tertanggung, atau peserta, sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 ayat 2 dipidana dengan penjara  paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 5 miliar rupiah.”

 

6. White Collar Crime. Para Direksi Jiwasraya sejak tahun 2004 telah mengetahui bencana kesulitan keuangan Jiwasraya yang kemudian dibongkar oleh Kejaksaan Agung di bawah sangkaan mega korupsi.

 

7. Untuk mengatasi mega korupsi sebelum kasus ini dibongkar Kejaksaan Agung, para Direksi Jiwasraya berkonspirasi untuk mengumpulkan uang rakyat yang didepositokan di Bank Bank dengan integritas dan reputasi yang baik, di bawah nama produk Protection Plan.

 

8. Ternyata produk Protection Plan dibuat tidak lebih untuk mengelabui para deposan agar memindahkan uangnya ke Jiwasraya, di bawah judul Perjanjian Asuransi Berjangka melalui syarat Protection Plan, jaminan bahwa uang pemegang polis pasti terlindungi untuk dikembalikan pada waktunya.

 

9. Melalui manajer investasi Pemohon, Pemohon memindahkan uang Pemohon ke Jiwasraya sejumlah kurang lebih Rp 25 miliar rupiah terdiri dari 11 Perjanjian Asuransi Berjangka Program Protection Plan  untuk  1 tahun, dan saat ini semuanya telah jatuh tempo, yang Pemohon atas namakan 3 orang, masing-masing Pemohon: Yenny Octorina Misnan selaku Sekretaris Pemohondan Aryani Novitasaribagian keuangan Pemohon (Lampiran 1, 11 Perjanjian Polis asuransi). 

 

10. Setelah Kejaksaan Agung membongkar korupsi Jiwasraya yang sudah terjadi sejak tahun 2004 dan para direksi telah divonis, Pemohon mencoba meminta kembali deposito Pemohon. Upaya hukum Pemohon telah Pemohon lalui baik melalui mediasi maupun gugatan yang berujung bahwa gugatan Pemohon dikabulkan, dan sudah inkracht (mempunyai kekuatan hukum).

 

11. Putusan Pengadilan yang telah punya kekuatan hukum mengikat (Lampiran 2) memerintahkan Jiwasraya untuk membayar kembali uang kami. Semuanya berjumlah kurang lebih Rp 30 miliar rupiah, terdiri dari kewajiban pokok dan bunga 1 persen per bulan.

 

12. Di saat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam rangka aanmaning (peringatan perintah pelaksanaan putusan Pengadilan) memanggil Jiwasraya dan Menteri BUMN untuk melaksanakan putusan, kembali Jiwasraya berulah menghindar untuk melaksanakan putusan pengadilan.

 

13. Perintah Bapak Presiden Ir. Joko Widodo: Hukum harus dilaksanakan tanpa tebang pilih.

 

14. Sumpah Presiden, Wakil Presiden, para Menteri sebelum bertugas : Bersumpah akan taat UUD dan taat hukum.
 
15. Bab XXVIII Kitab Undang-undang Hukum Pidana pasal 413 sampai dengan Pasal 437, khususnya Pasal 421 KUHP: Yang tidak mentaati hukummaksimal 2 tahun 8 bulan dipidana karena melakukan kejahatan jabatan. Jiwasraya telah dengan sengaja tidak mematuhi perintah pengadilan, sesuai putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum mengikat.

 

Yth, Petinggi Petinggi OJK, 

 

17. Kalau Pemohon saja yang seorang Pengacara ternama di Republik ini, "dikerjain” oleh Badan Usaha Milik Negara, dalam hal ini Jiwasraya, maka dampaknya di bidang ekonomi, tak satu badan hukum pun yang dapat mempercayaperjanjian binis antara investor asing dengan pihak Indonesia. Dampaknya: merugikan pembangunan ekonomi Indonesia.

 

18. Sedangkan Perjanjian asuransi saja yang diakui sebagai mengikat berdasarkan azas pacta sunt servanda, diabaikan baik oleh Menteri BUMN maupun oleh Jiwasraya, bagaimana nasib perjanjian bisnis dengan investor investor asing?

 

19. Masihkan Indonesia Negara Hukum?

 

20. Semoga perjuangan Pemohon untuk mendapatkan kembali uang Pemohon, mendapat atensi Otorisasi Jasa Keuangan, bukan saja untuk mendapatkan atensi dari Bapak, tetapi juga agar perintah pengadilan dilaksanakan oleh Jiwasraya.

 

 

Hormat Pemohon,


Prof. Otto Cornelis dkk.

Ocky

 

Lampiran : - 11 Polis

                   - Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta perkara No.176/PDT/2022/PT.DKI


***Jeremy Foster 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved