Headlines News :
Home » » Agus Subiyanto Sah Jadi Panglima TNI

Agus Subiyanto Sah Jadi Panglima TNI

Written By Info Breaking News on Rabu, 22 November 2023 | 08.49


Jakarta, Info Breaking News
- Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat dan dipimpin langsung oleh Jokowi.

Pelantikan dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," tutur Jenderal Agus Subiyanto saat mengucapkan sumpah jabatan.


"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” sambungnya.


Proses pelantikan hari ini dihadiri oleh Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Selain itu, hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Ketua Wantimpres Wiranto.


Diketahui, Agus Subiyanto dilantik menggantikan Panglima TNI sebelumnya, Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.


DPR RI mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI dalam Rapat Paripurna DPR Ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). 


Sebelum terpilih sebagai Panglima TNI, alumnus Akademi Militer tahun 1991 tersebut sempat menempati sejumlah posisi danrem, seperti Danrem 061/Surya Kencana dan Danrem 132/Tadaluko.


Karirnya semakin meroket sejak dipercaya menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta pada 2009-2011. Kala itu Presiden Jokowi masih berstatus sebagai Wali Kota Solo.


Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Pangdam Siliwangi, dan Wakil Kepala KSAD sebelum akhirnya dilantik menjadi KSAD. ***Robert Hasibuan


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved