Headlines News :
Home » » IKN Nusantara Janji Menjaga Hutan 65 Persen Lebih Tinggi Dibandingkan Kawasan Pembangunan.

IKN Nusantara Janji Menjaga Hutan 65 Persen Lebih Tinggi Dibandingkan Kawasan Pembangunan.

Written By Info Breaking News on Minggu, 12 November 2023 | 09.27


Paser Penajam Kaltim, Info Breaking News - Memang sudah tepat untuk memindahkan Ibu Kota Negara ke IKN Nusantara, Paser Penajam Kaltim, karena selain Jakarta kian macet oleh kendaraan, juga udara yang sudah tidak sehat lagi akibat menumpuknya manusia dari berbagai negara dan daerah yang membawa banyak penyakit. 

Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono mengungkapkan luas IKN Nusantara sebesar 256 ribu hektare yang diperkirakan 4 kali luas Jakarta, 3 kali luas Paris, atau 3,5 kali luas Singapura. Sisa kawasan yang tidak dibangun 75%. Namun, 65% dari area IKN Nusantara itu akan dijadikan hutan monokultur.

"Tetapi yang kita bangun hanya 25% dan itu kita bangun pasti (berkonsep) green, benar-benar kaidah lingkungannya itu sangat kita pegang prinsipnya. Hutan di sana tetapi area IKN adalah hutan produksi, jadi tumbuhan monokultur, eucalyptus kebanyakan. Ini yang kita kembangkan jadi hutan tropis, ada peta jalannya. "Terang Bambang ketika menghadiri acara Digital Creative Leadership Forum di Kempinski Grand Ballroom.

Bambang menggambarkan pembangunan IKN 2 hingga 5 tahun dan bahkan 10 tahun kedepan. Ia mengatakan bulan depan akan ada lebih dari 10 investor yang akan melakukan groundbreaking pada Desember 2023. Proyek yang akan groundbreaking bulan depan itu terdiri dari perusahaan, kantor pemerintahan, hotel, pacuan kuda, hingga klub bola. Kemudian dari swasta, disebut akan membangun supermarket hingga grosir di IKN. Pembangunan pusat belanja itu untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi warga yang tinggal di IKN.

"Apakah jadi Desember? Tergantung jadwal Pak Presiden. Paling nggak Januari pasti ada. Kita siap lebih dari itu (lebih dari 10 proyek. Tetapi nggak mungkin satu kali beliau (groundbreaking ) bisa 4 hari di sana. tergantung jadwal beliau (Jokowi). Ada hotel, ada beberapa kantor pemerintahan. Seperti halnya, ini saya bocorin aja ya, pacuan kuda, klub bola ada yang mau pindah ke sana," papar Bambang. ***Arash.

Klik Beranda dibawah ini untuk mendapatkan berita aktual lainnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved