Headlines News :
Home » » Facebook-UI Kerjasama Sinergikan Big Data untuk Riset Covid-19

Facebook-UI Kerjasama Sinergikan Big Data untuk Riset Covid-19

Written By Info Breaking News on Selasa, 16 Juni 2020 | 11.23



Depok, Info Breaking News – Untuk menganalisis situasi terkini terkait penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat, Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Facebook Indonesia dalam pemanfaatan big data (mahadata).

Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan Facebook merupakan mitra pendukung para peneliti UI dalam menghasilkan riset dan inovasi terkini di tengah pandemi dan pembelajaran secara daring. "Pemanfaatan big data memiliki peran penting dalam menganalisis situasi terkini terkait situasi COVID-19 di masyarakat," katanya.

UI mengaku pihaknya siap menyumbangkan pemikiran mengenai dampak kebijakan yang diambil pemerintah dengan penggunaan big data. Adapun bigdata tersebut dimanfaatkan oleh para peneliti lintas fakultas di UI yang tergabung dalam Tim Sinergi Mahadata UI Tanggap Covid-19 di bawah koordinasi Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI).

"Data yang UI gunakan merupakan data yang sifatnya sudah publik, serta data controlled access yang telah dibuka oleh Facebook untuk UI," jelas dia.

Mahadata Facebook sendiri bermanfaat bagi para peneliti UI yang tengah gencar melakukan studi mengenai Covid-19. Kehadirannya diharapkan mampu membantu Indonesia meraih sukses dalam mengatasi pandemi.

Sejumlah fakultas di UI yang akan memanfaatkan mahadata tersebut di antaranya adalah Fakultas Kedokteran (FKUI), Fakultas Teknik (FTUI), Fakultas Psikologi (FPsi UI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UI), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UI), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI).

Sementara itu, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi Abdul Haris mengatakan dengan adanya big data, maka hasil kajian, riset dan inovasi UI diharapkan lebih komprehensif dan mampu memprediksi dengan lebih akurat berkenaan perkembangan situasi Covid-19. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved