Headlines News :
Home » » Facebook Diboikot, Zuckerberg Terlempar dari Posisi Ketiga Orang Terkaya di Dunia

Facebook Diboikot, Zuckerberg Terlempar dari Posisi Ketiga Orang Terkaya di Dunia

Written By Info Breaking News on Rabu, 01 Juli 2020 | 10.39


New York, Info Breaking News - Aksi boikot terhadap Facebook berujung pada tergesernya sang CEO Mark Zuckerberg dari posisi ketiga orang terkaya di dunia berdasarkan Bloomberg Billionaires Index. Posisi Mark kini diisi oleh bos Luis Vuitton, Bernard Arnault.


Bloomberg Billionaires Index adalah peringkat harian orang terkaya di dunia yang perhitungannya disediakan dalam analisis kekayaan bersih di halaman profil masing-masing miliarder. Angka-angka diperbarui pada penutupan perdagangan di Bursa Efek New York, setiap hari.


Dilaporkan nilai kekayaan bersih Mark Zuckerberg mengalami penurunan sebesar US$ 7,2 miliar atau Rp 103,330 triliun akibat aksi boikot yang dilakukan sekitar 90 perusahaan Amerika Serikat (AS) terhadap Facebook.


Dalam laporan Bloomberg Billionaires Index per 30 Juni 2020, posisi pertama orang terkaya di dunia masih ditempati CEO Amazon Jeff Bezos dengan total kekayaan bersih sebesar US$ 161 miliar. Di posisi kedua ada pendiri Microsoft, Bill Gates dengan total kekayaan bersih sebesar US$ 112 miliar.


Bernard Arnault, menggeser Mark Zuckerberg di posisi ketiga orang terkaya dunia dengan total kekayaan bersih sebesar US$ 87,8 miliar. Sedangkan Mark Zuckerberg tergeser ke tempat keempat orang terkaya dunia dengan nilai kekayaan bersih sebesar US$ 83,9 miliar.


Diketahui, lebih dari 90 perusahaan memboikot Facebook dengan menghentikan pemasangan iklan di perusahaan media sosial itu, mulai 1 Juli 2020. Aksi ini berkaitan dengan kampanye #StopHateforProfit yang menentang konten ujaran kebencian dan rasisme di platform media sosial terkait pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020.


Sejumlah perusahaan besar seperti Coca-Cola, Unilever, Levi Strauss & Co mendukung kampanye tersebut dan menuntut Facebook dan serta sejumlah perusahaan media sosial lainnya melakukan audit dan tindakan yang lebih tegas untuk membersihkan platform mereka dari konten diskriminatif, ujaran kebencian dan berita palsu.


Pemboikotan itu, membuat harga saham Facebook pada perdagangan Jumat (26/6/2020) dan Senin (29/6/2020) anjlok hingga 10%. Bahkan pada perdagangan Jumat (26/6/2020), Facebook dilaporkan mengalami kerugian sebesar US$ 56 miliar atau Rp 803,681 triliun dari nilai pasar perusahaan.


Kampanye #StopHateforProfit sendiri merupakan gerakan menentang diskriminasi, ujaran kebencian, dan penyebaran berita palsu di media sosial dan dilakukan menjelang Pilpres AS, pada 3 November 2020 mendatang. Gerakan tersebut diluncurkan oleh Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna (NAACP) dan Liga Anti-Pencemaran Nama Baik (ADL) di Amerika Serikat (AS).


Aksi boikot besar-besaran terhadap Facebook sudah berlangsung selama sepekan terakhir, namun pukulan besar bagi Facebook terjadi saat dua perusahaan ritel raksasa, yakni Unilever dan Coca-Cola mengumumkan akan menghentikan seluruh iklan di Facebook.


Unilever mengumumkan akan menarik seluruh iklan dari perusahaan media sosial, baik Facebook, Twitter dan Instagram, selama sisa tahun 2020. Sedangkan Coca-Cola mengumumkan akan menarik seluruh iklan di Facebook, Instagram, dan Twitter paling tidak sepanjang Juli 2020 dan akan meninjaunya sesuai dengan reaksi manajemen platform media sosial itu untuk mengontrol konten diskriminatif, ujaran kebencian, dan berita palsu.


Menanggapi kampanye #StopHateforProfit, Mark Zuckerberg mengatakan, perusahaannya akan mengambil langkah lebih lanjut untuk menghentikan konten diskriminatif dan ujaran kebencian, termasuk penindasan terhadap pemilih terkait Pilpres As 2020.


“Saya optimistis bahwa kita dapat membuat kemajuan dalam kesehatan masyarakat dan keadilan rasial, sambil mempertahankan tradisi demokrasi kita di seputar kebebasan berpendapat dan memilih,” tuturnya. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved