Headlines News :
Home » » BNN Dan Bea Cukai Berhasil Gagalkan 309 Paket Sabu Sindikat Narkoba Internasional

BNN Dan Bea Cukai Berhasil Gagalkan 309 Paket Sabu Sindikat Narkoba Internasional

Written By Info Breaking News on Sabtu, 25 Februari 2023 | 09.44


Jakarta, Info Breaking News - Setelah melakukan pengintaian selama beberapa hari dan bertahan di tengah ganasnya laut Samudera Hindia, dengan ketinggian gelombang mencapai 8 meter. Perjuangan di laut selatan Jawa yang sangat berisiko ini membuat tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai berhasil menggagalkan peredaran 309 paket sabu jaringan sindikat narkoba internasional asal Iran. Pengungkapan sabu tersebut berlangsung dramatis dan sangat menantang. Aparat sampai bertaruh nyawa mengarungi ganasnya lautan Samudera Hindia dekat Christmas Island, yang masuk dalam Zona Ekonom Eksklusif (ZEE).

"Intersep kapal ini tidak mudah, ombak bisa tinggi, karena ini di Samudera Hindia, sudah jauh di selatan Pulau Jawa, dan diantara Pulau Jawa dengan Christmas Island," kata Direktur Interdiksi Narkotika Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Syarif Hidayat di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Jumat, 24 Februari 2023. 

Syarif mengatakan sebanyak 8 orang warga negara Iran ditangkap karena kedapatan membawa dan menyelundupkan 309 paket. Mereka berencana menyelundupkan 309 paket sabu lewat jalur laut di selatan Jawa dengan menggunakan kapal nelayan. 

"Bisa di bayangkan itu posisi yang sangat sulit dan ini merupakan tangkapan pertama kami, narkotika yang berasal dari kelompok Iran yang masuk melalui Selatan Jawa," ungkapnya. 

Disisi lain, Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengapresiasi kerjasama BNN dan Bea Cukai dalam sehingga dapat mengungkap upaya penyelundupan 309 paket sabuyang dibawa oleh delapan WN Iran. Petrus menyebut mereka adalah kurir narkoba jaringan internasional.

"Jaringan seperti ini beroperasi di dunia, bahkan pernah beberapa kali juga ditangkap di tempat yang lain, oleh negara-negara yang lain, dan ini suatu jaringan internasional," ujar Komjen Petrus Golose. 

Sejauh ini, BNN dan Bea Cukai belum bisa memastikan total berat sabu yang diamankan, karena setiap bungkusnya memiliki berat berbeda-beda. Sedangkan untuk nilai dari sabu yang diselundupkan diperkirakan mencapai ratusan miliar. 

"Kira-kira kalau beredar barang ini, bisa lebih dari pada 300 ribu lebih orang yang akan menggunakan kalau sampai beredar. Kalau masalah uang, kalau ini beredar, sekitar ratusan miliar," ujarnya.***Asy.Syifa R

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved