Headlines News :
Home » » Ini Kejahatan RS Yang Nakali Uang BPJS

Ini Kejahatan RS Yang Nakali Uang BPJS

Written By Info Breaking News on Sabtu, 08 April 2023 | 02.11


Surabaya, Info Breaking News -
 Kejahatan ekonomi yang selama ini bermodus kan kesehatan pada sejumlah RS nakal mulai terbaca, sehingga pihak BPJS Kesehatan mengungkap adanya kecurangan fraud yang dilakukan rumah sakit terkait klaim pembayaran yang mencapai miliaran rupiah. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata rumah sakit tersebut tidak memiliki pasien.

"Contoh di sebuah rumah sakit, tagihannya sampai miliaran rupiah, tapi nggak ada pasiennya," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti usai Konferensi Pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023, Sabtu (8/4/2023), di Surabaya.

Meskipun demikian, Ghufron tidak menyebut nama maupun domisili rumah sakit yang dimaksud.

Adapun cara yang digunakan oleh pihak rumah sakit yang melakukan fraud yaitu memanipulasi tagihan kepada dana JKN. Kejadian ini berhasil diketahui melalui implementasi sistem terbaru yang dikembangkan BPJS Kesehatan dalam memantau potensi fraud di tengah perbaikan situasi keuangan.

"Karena (sistem) ini baru ya, tentu belum optimal tetapi sudah beberapa kita bisa menangkap ada fraud segala macam," ungkap Ghufron.

Berkaitan dengan hal ini, BPJS Kesehatan akan menindak tegas rumah sakit yang melakukan kecurangan fraud. Lebih lanjut, Ghufron mengatakan pihaknya akan memutus kerja sama pelayanan pasien JKN di rumah sakit terkait.

"Kalau berbuat curang, kami tidak perpanjang atau kasih surat peringatan. Kami tidak perpanjang kerja sama melalui koordinasi bersama dinas kesehatan, tim kendali mutu dan biaya, dengan dokter spesialis," katanya.*** Dani Setiawan


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved