Headlines News :
Home » » Dikecam Soal Tembak Mati Begal, Ini Tanggapan Bobby Nasution

Dikecam Soal Tembak Mati Begal, Ini Tanggapan Bobby Nasution

Written By Info Breaking News on Kamis, 13 Juli 2023 | 08.19


Jakarta, Info Breaking News
- Wali Kota Medan Bobby Nasution buka suara menanggapi kritik terkait dukungannya terhadap aksi tembak mati pelaku begal yang disampaikan oleh Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) dan LBH (Lembaga Bantuan Hukum).

Menurutnya, pernyataannya tersebut ditujukan kepada aparat berwenang sesuai dengan protap yang berlaku, bukan kepada masyarakat untuk melakukan tindakan main hakim sendiri.


“Diserukan ke petugas, bukan masyarakat. Rasanya tidak benar kalau dikatakan bahwa saya ajak masyarakat buat main hakim sendiri,” tuturnya saat dihubungi, Rabu (12/7/2023).


“Meski begitu, polisi nggak bisa sembarangan nembak. Tetap harus sesuai dengan prosedur yang ada,” imbuhnya.


Bobby Nasution mengaku mengkhawatirkan aksi begal yang terjadi di kota yang ia naungi, Kota Medan. Di sana begal kejam dan bahkan tak segan-segan membunuh korban.


"Kasus begal yang semakin meningkat di Kota Medan belakangan ini membutuhkan tindakan tegas, agar kondisi aman dan kondusif terjaga. Supaya masyarakat tidak lagi menjadi korban kejahatan jalanan," ungkapnya.


Bobby menyampaikan sebelum mengeluarkan pernyataan dukungan terhadap tindakan tegas aparat terhadap pelaku begal, pihaknya selaku pemerintah telah melakukan tindakan pencegahan secara preventif. Selain program beasiswa, juga telah banyak dilakukan pelatihan kerja.


“Sudah dilaksanakan program khusus terutama bagi mereka yang terlibat dalam kasus begal. Contohnya, kami memberikan banyak beasiswa sejak tahun lalu hingga sekarang, dan juga memiliki program-program yang mendukung prestasi akademik. Kami juga memberikan bantuan kepada pelaku usaha. Jika mereka tidak ingin bergabung dengan program-program ini, maka apa lagi yang dapat kami lakukan?" katanya.


Diketahui, komentar Bobby yang meminta tembak mati pelaku begal menuai banyak kritik. Kontras menilai pernyataan Bobby tersebut bersifat arogan. Kontras mengecam komentar tersebut lantaran dianggap mengabaikan hak asasi manusia (HAM) dan seolah-olah mendukung tindakan sewenang-wenang dari pihak kepolisian.


Kontras pun mendesak agar Bobby meminta maaf atas sikapnya yang mendukung tindakan penembakan mati terhadap begal tersebut. ***Buce Dominique


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved