Headlines News :
Home » » Forwama Gebrak Dunia Hukum dengan Seminar Bahas Kerugian Negara pada UU Tipikor

Forwama Gebrak Dunia Hukum dengan Seminar Bahas Kerugian Negara pada UU Tipikor

Written By Info Breaking News on Selasa, 11 Juli 2023 | 19.57


Jakarta, Info Breaking News - Praktik korupsi kian hari makin menjamur. Dari kalangan bawah hingga kalangan atas, tidak sedikit yang tak kuasa menahan nikmatnya menerima aliran dana meskipun dari hasil korupsi.

Hari berganti hari, dengan semakin berkembangnya teknologi, makin beragam pula modus korupsi yang bisa dilakukan. Hal ini menjadi beban tersendiri bagi negara dan tentu bagi rakyat.


Semakin maraknya praktik korupsi, semakin besar pula kerugian yang harus ditanggung negara.


Namun, jika membahas kerugian negara, hingga kini belum ada rambu-rambu tersendiri yang mengaturnya.


Entah pihak mana saja yang pantas dan kredibel untuk ditunjuk sebagai “penentu” kerugian negara, mengingat kerugian negara bisa saja terjadi karena faktor lain.


Perkara ini pun jadi semakin menggoda untuk dibahas. Penting bagi negara untuk mencari solusi dan rumusan proses hukum agar ketika perkara ini di bawa ke meja hijau, sudah ada rambu-rambu yang jelas.


Berangkat dari hal ini, Forum Wartawan Mahkamah Agung RI (Forwama) akan menggelar seminar hukum untuk mengulik lebih dalam mengenai hal ini.


Seminar yang bertajuk “Kerugian Perekonomian Negara pada Undang-undang Tindak Pidana Korupsi” tersebut akan dilangsukan pada hari Jumat, 4 Agustus 2023 mendatang di Ruang Teater Mahkamah Agung pada pukul 15.00 WIB.


Tidak tanggung-tanggung, acara ini menghadirkan dua pakar hukum yang teratas di bidangnya masing-masing. Mereka adalah mantan Ketua Muda Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung, Prof. Dr. Supandi S.H., M.H. dan Pakar Tindak Pidana Pencucian Uang, Dr. Yenti Garnasih S.H., M.H.


Ketua Forwama, Emil F. Simatupang dalam keterangannya menyebut bahwa acara ini merupakan kegiatan awal yang nantinya akan diikuti dengan serangkaian seminar dan aktivitas lain yang dipastikan tak kalah hebat.


“Ini adalah langkah awal bagi Forwama untuk diikuti dengan kegiatan selanjutnya yang lebih spektakuler lagi," ungkapnya.


Kegiatan ini juga merupakan kerja sama dengan Mahkamah Agung melalui Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Dr. Sobandi, S.H., M.H.


Ketua MA Prof. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H. juga dijadwalkan akan membuka serta berperan sebagai keynote speaker


Rencanya seminar ini akan dihadiri pula oleh Ketua MA ke-13 masa jabatan 2012-2020, Prof. Dr. H. Hatta Ali, S.H., M.H. atau yang akrab disapa Sang Maestro. Tamu undangan termasuk pula sejumlah Hakim Agung, pakar hukum dan akademisi. ***Jeremy Foster


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved