Headlines News :
Home » » Komisi III Dukung Kejagung Usut Tuntas Kasus Korupsi Nikel Ilegal

Komisi III Dukung Kejagung Usut Tuntas Kasus Korupsi Nikel Ilegal

Written By Info Breaking News on Rabu, 26 Juli 2023 | 09.10

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

Jakarta, Info Breaking News
- Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung penuh langkah Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam membongkar dugaan kasus korupsi tambang ilegal. 

Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan pemilik PT Lawu Agung Mining (LAM), Windu Aji Sutanto (WAS), sebagai tersangka terkait dugaan tambang nikel ilegal di Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.


"Saya mengapresiasi kinerja luar biasa Kejagung dalam mengungkap kasus ini," tuturnya, Selasa (25/7/2023).


Kejagung sendiri telah menyatakan dugaan tambang ilegal nikel di Blok Mandiodo telah menyebabkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 5,7 triliun.


Sahroni pun mendesak agar Kejagung terus mengembangkan kasus ini. 


"Saya berharap pengembangan kasus tidak berhenti di sini saja, baik dari segi jumlah tersangka maupun indikasi pencucian uang harus diungkap secara menyeluruh. Lacak siapa pun yang menerima dana hasil kejahatan ini," tegas Sahroni.


Sahroni meyakini bahwa aksi korupsi ini kemungkinan tidak hanya dilakukan oleh lima orang tersangka yang sudah ditetapkan. Mengingat jumlah kerugian yang besar dan kompleksitas kasus kejahatan korporasi, dugaan ini kemungkinan melibatkan banyak pihak.


"Kejagung harus menyelidiki pihak-pihak lain yang diduga terlibat dalam kasus ini, baik itu pihak swasta, pemerintah, atau individu, semua harus diperiksa oleh Kejagung tanpa tebang pilih. Karena melihat besarnya jumlah kerugian dan kompleksitas kasusnya, tentu saja yang terlibat tidak hanya lima orang itu," ungkapnya.


Sahroni juga menyadari bahwa Kejagung mungkin akan menghadapi berbagai hambatan dalam mengusut kasus dugaan korupsi tambang nikel ilegal ini. Oleh karena itu, Sahroni menegaskan Komisi III berkomitmen untuk mendukung Kejagung hingga kasus ini berhasil diungkap secara menyeluruh.


"Ini adalah kasus besar, dan tentu saja anginnya pun sangat kencang. Karena itulah kami di Komisi III berkomitmen untuk terus mengawal dan mendukung Kejaksaan dalam mengusut kasus ini," pungkasnya. ***Rina Trian


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved