Headlines News :
Home » » Michele Bullock Jadi Gubernur Wanita Pertama di Bank Sentral Australia

Michele Bullock Jadi Gubernur Wanita Pertama di Bank Sentral Australia

Written By Info Breaking News on Jumat, 14 Juli 2023 | 13.47

Michele Bullock

Jakarta, Info Breaking News
- Australia mencatat sejarah baru usai mengangkat Gubernur wanita pertama di bank sentralnya.

Michele Bullock ditunjuk sebagai Kepala Bank Sentral Australia setelah reorganisasi besar-besaran dan reaksi publik atas kenaikan suku bunga yang tajam.


Channel News Asia, Jumat (14/7/2023) melaporkan Bendahara Australia Jim Chalmers dan Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe tidak akan diangkat lagi dan akan menyelesaikan masa jabatannya yang telah dijalani selama 43 tahun. 


Bullock sendiri saat ini menduduki posisi Wakil Gubernur RBA.


Lowe dilaporkan akan mengakhiri masa jabatannya pada 17 September mendatang. 


“Michele Bullock akan menjadi perempuan pertama yang memimpin Reserve Bank di negara ini. Ini adalah janji yang membuat sejarah,” ungkap Chalmers.


Di kesempatan lain, Philip Lowe mengaku dirinya merasa terhormat jika kembali diangkat menjadi Gubernur RBA. Namun, ia paham jika pemerintah lebih memilih untuk mengangkat pimpinan yang baru.


Sementara itu, dua pendahulu Lowe diangkat kembali untuk masa jabatan kedua dan masing-masing menjabat selama 10 tahun.


Reserve Bank of Australia telah menaikkan suku bunga sebanyak 12 kali ke level tertinggi dalam satu dekade sebesar 4,1 persen, menambahkan ratusan dolar untuk pembayaran hipotek bulanan pada saat krisis biaya hidup sudah membebani anggaran rumah tangga.


Pekan ini, Philip Lowe mengatakan ada kemungkinan suku bunga harus naik lebih jauh lagi untuk meredam inflasi. Dia akan memimpin dua pertemuan kebijakan berikutnya pada bulan Agustus dan September mendatang.


Diketahui, sosok Bullock secara luas dihormati oleh para ekonom dan pasar keuangan. Mengenai posisi barunya ini, Bullock mengaku sangat tersanjung.


"Saya sangat tersanjung telah ditunjuk untuk posisi penting ini. Ini adalah waktu yang menantang untuk menjalankan peran ini, tetapi saya akan didukung oleh tim dan dewan eksekutif yang kuat," ucapnya. ***Dwi Melisa


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved