Headlines News :
Home » » Nikuba, Alat Pengubah Air Jadi Bahan Bakar Karya Warga Cirebon Curi Perhatian Brand Otomotif Italia

Nikuba, Alat Pengubah Air Jadi Bahan Bakar Karya Warga Cirebon Curi Perhatian Brand Otomotif Italia

Written By Info Breaking News on Selasa, 04 Juli 2023 | 12.30

Aryanto Misel berpose dengan Nikuba, alat ciptaannya yang memungkinkan mengubah air menjadi bahan bakar

Jakarta, Info Breaking News - Alat pengubah air jadi bahan bakar karya Aryanto Misel, seorang warga asal Lemahabang Wetan, Cirebon, Jawa Barat unjuk gigi di depan brand otomotif Eropa.

Alat yang dinamakan Nikuba tersebut dipresentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia dalam sebuah acara yang digelar di Italia.


Melalui keterangan resminya, TNI Angkatan Darat menyebut Nikuba mendapat atensi dari salah satu pabrikan otomotif di Eropa. Brand tersebut bahkan secara langsung melakukan survei ke Cirebon.


Menindaklanjuti kunjungan tersebut, Nikuba mendapat kesempatan untuk dipamerkan ke beberapa brand otomotif pada tanggal 18 Juni 2023 di Milan, Italia.


Brand yang menyaksikan kinerja Nikuba termasuk di antaranya Ferrari, Lamborghini, Aprilia hingga Ducati.


Pangdam III Siliwingai, Mayjen Kunto Arief Wibowo bersama Aryanto sudah menyiapkan tim yang terdiri dari Sumardi Dadang dan Immanuel Hutapea untuk memenuhi undangan tersebut. Tim diberangkatkan pada Jumat (16/6/2023) dari Jakarta menuju Milan.


Kunto menilai hadirnya Nikuba merupakan inovasi  dan sebuah peluang untuk mengembangkan teknologi yang tidak ada hentinya dan akan terus berkembang. Berbagai peluang terhadap sumber energi baru, sekecil apapun mesti terus dikembangkan.


"Tiba saatnya Nikuba sebagai alternatif solutif akan mencoba terbang untuk dipresentasikan pada dunia. Meski memerlukan proses, namun ide, tindakan, komitmen dan keyakinan terhadap Nikuba sebagai alternatif energi terbarukan dapat menjadi peluang di masa yang akan datang," kata Mayjen Kunto dalam keterangan resmi, Senin (3/7/2023).


Sepeda motor Babinsa Kodam III Siliwangi sebelumnya sudah beroperasi dengan bantuan Nikuba. Dari situ didapatkan data-data untuk terus dilakukan penyempurnaan terhadap inovasi tersebut.


Aryanto Misel pernah menjelaskan Nikuba buatannya memiliki fungsi memisahkan antara Hidrogen (H2) dan Oksigen (O2) yang terkandung dalam Air (H2O) melalui proses elektrolisis. Hidrogen yang telah dihasilkan kemudian dialirkan ke ruang pembakaran kendaraan bermotor sebagai bahan bakar. Sementara oksigennya akan kembali dielektrolisis menjadi hidrogen dan dialirkan lagi ke ruang pembakaran kendaraan bermotor.


Meski demikian, Aryanto menyebut air yang bisa dikonversi menjadi hidrogen untuk bahan bakar kendaraan bermotor melalui Nikuba adalah air yang sudah tidak memiliki kandungan logam berat. ***Marwan Hidayat


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved