Headlines News :
Home » » Pembangunan IKN Jadi Berkat untuk Bisnis Aviasi Indonesia

Pembangunan IKN Jadi Berkat untuk Bisnis Aviasi Indonesia

Written By Info Breaking News on Selasa, 18 Juli 2023 | 14.34


Balikpapan, Info Breaking News
- Pembangunan IKN Nusantara membawa dampak positif bagi sejumlah sektor bisnis, salah satunya bisnis penerbangan atau aviasi. Ini tercatat dari tingkat okupansi dan jumlah penerbangan dari Jakarta menuju Balikpapan.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Balikpapan, Joko Azuardi menyebut kunjungan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan makin meningkat sejak dibangunnya IKN. Disinyalir, kunjungan tersebut sebagian besar dari aparatur negara dan calon-calon investor.


“Dari Jakarta ke Balikpapan SLF (seat load factor) hampir rata-rata 90 persen bahkan sering over. Nah untuk sebaliknya kita masuk sekitar 70-80 persen,. Kebanyakan yang dari Jakarta ini adalah investor, ada juga pebisnis yang mau melihat potensi market yang ada di Balikpapan khususnya di IKN," tuturnya.


Joko memprediksi peningkatan ini akan terus terjadi didukung dengan akses jalan tol menuju IKN Nusantara yang sebentar lagi rampung.


Jalan tol tersebut dipercaya akan semakin memudahkan perjalan logistik ke IKN Nusantara. Nantinya perjalanan Balikpapan menuju IKN Nusantara akan makin singkat, bahkan disebut-sebut bisa ditempuh hanya dalam kurun waktu 30 menit. 


Garuda Rajin Ganti Tipe Pesawat


Merespons kenaikan jumlah peminat yang terbang ke IKN Nusantara, Garuda kerap melakukan penggantian tipe pesawat. Misalnya, dari semula menggunakan tipe pesawat berbadan ramping (narrow body), kini beberapa penerbangan telah menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body).


“Garuda melayani 2 sampai 3 penerbangan per hari. Ada juga permintaan dari pasar untuk charter. Kadang-kadang juga kita rubah dari narrow body menjadi wide body. Artinya permintaan pasar itu sangat tinggi yang ke Balikpapan," paparnya.


Selain Garuda Indonesia, ternyata potensi pasar ini juga disambut oleh maskapai pelat merah lainnya, yakni Pelita Air. Diketahui, maskapai anak usaha Pertamina ini mulai terbang Jakarta-Balikpapan sejak 20 Maret 2023 lalu.


"Jadi sekarang Balikpapan ini penerbangan sudah semakin banyak, kemarin-kemarin baru beberapa penerbangan saja. Sekarang sudah mulai masuk seperti Pelita Air sudah masuk juga, tadinya cuma satu sekarang sudah dua. Kemudian penerbangan lain juga sudah mulai masuk," terangnya.


Pemerintah Rayu Investor Berpartisipasi Bangun IKN


Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengajak sejumlah investor dari Kazakhstan untuk ikut membangun IKN Nusantara. 


Ketua OIKN, Bambang Susantono menjelaskan per 28 Juni 2023 pihaknya menerima 256 Letter of Intent (LoI) di berbagai sektor dari 19 negara, dengan 5 negara teratas yang berminat berinvestasi yakni Jepang, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, dan China.


Bambang meyakinkan para investor bahwa pemerintah Indonesia akan terus membuka peluang bagi mereka untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN.


"Otorita menyambut kontribusi dalam berbagai bentuk investasi langsung dan public-private partnership (PPP). Kami juga terbuka untuk mengeksplorasi berbagai jenis pembiayaan kreatif, seperti blended financing dan mekanisme crowd funding," ungkap Bambang.


Pemerintah juga disebut sudah menyiapkan sejumlah insentif untuk meningkatkan minat investasi, dari tax holiday hingga skema tax deduction


"Saya dapat meyakinkan Anda bahwa ini adalah insentif terbaik di Indonesia," pungkasnya. ***Eka Wijaya


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.






Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved