Headlines News :
Home » » Soal Tarif Retribusi Wisman ke Bali, Sandiaga Uno: Masih Ditelaah

Soal Tarif Retribusi Wisman ke Bali, Sandiaga Uno: Masih Ditelaah

Written By Info Breaking News on Selasa, 18 Juli 2023 | 07.00


Jakarta, Info Breaking News
- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku pihaknya tengah mendiskusikan usulan pungutan retribusi khusus untuk wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Bali sebesar Rp 150.000 per orang.

"Kami sedang mendiskusikan jumlah Rp 150.000 ini, kami sedang menelaah, dan setelah mendapatkan kekuatan hukum melalui peraturan daerah dan regulasi, kami akan menyosialisasikannya. Saat ini kami meminta masukan dari semua pihak," tuturnya, Senin (17/7/2023).


Ia menyebut nantinya retribusi yang terkumpul akan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) dan akan digunakan untuk melestarikan budaya, alam, konservasi, adat, dan budaya di Provinsi Bali. Hal ini mengingat Bali merupakan salah satu tujuan utama wisman yang berkunjung ke Indonesia, dan dengan adanya retribusi tersebut, diharapkan kualitas pariwisata di Bali dapat terjaga dan bahkan meningkat.


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, menyampaikan pungutan retribusi tersebut akan diterapkan saat wisman memasuki Bali atau sebelum tiba di Bali. Pembayarannya sendiri menggunakan e-Payment atau secara digital, sehingga dianggap lebih transparan dan dapat terukur.


Tjok Bagus menjelaskan bahwa hingga saat ini usulan pungutan retribusi untuk wisman telah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali dan sedang dalam proses penggodokan. 


"Masih dalam proses penyempurnaan, termasuk teknis pelaksanaannya, tujuan pungutan, dan pengawasannya," katanya.


Ia berharap pungutan tersebut dapat membantu menjaga keberlanjutan, keamanan, dan kenyamanan budaya, alam, dan lingkungan di Bali. ***Winda Syarief


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved