Headlines News :
Home » » 1 Unit Rusun ASN di IKN Bisa Diisi Hingga 6 Orang

1 Unit Rusun ASN di IKN Bisa Diisi Hingga 6 Orang

Written By Info Breaking News on Minggu, 27 Agustus 2023 | 05.18


Jakarta, Info Breaking News
- Pemerintah tengah mempersiapkan rumah susun (rusun) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertugas di Ibu Kota Negara (IKN).

Untuk sementara, satu kamar di sana bisa diisi hingga enam orang pegawai ASN.


Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto sebelumnya mengatakan bakal ada 47 tower yang muat diisi oleh 16.000 PNS. Satu tower akan terdiri dari 12 lantai dengan lima unit apartemen per lantainya. Dua lantai nantinya akan digunakan sebagian untuk fasilitas sosial dan fasilitas umum dan sisanya digunakan untuk hunian.


Iwan menyebut terdapat 3 kamar per unit apartemen, sehingga kalau ditotal satu tower terdiri atas 150. Kalau dikalikan jumlah tower, Iwan mengatakan total 47 tower bisa dihuni oleh 7.500-8.000 orang.


"8.000 itu sistemnya sharing dulu, tiga orang dalam 1 unit. Sementara satu unit ada 3 kamar. Kalau masing-masing satu, sekitar 2.500-an," jelasnya.


Kendati demikian, menurut Iwan ke depannya tidak menutup kemungkinan kalau satu kamar akan dihuni hingga enam orang. Dengan demikian, 47 tower ASN bisa menampung hingga 16.000 orang.


“Kalau dikali enam bisa jadi 16.000. Opsi terjeleknya itu, satu unit isi enam orang. Tapi memang berkaitan dengan privasi," tuturnya.


Pembangunan 47 tower ini ditargetkan rampung total pada akhir 2024. Sementara itu, 12 tower akan dikebut pengerjaannya untuk bisa rampung lebih awal dalam menyongsong rencana pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Selaras dengan itu, Iwan menargetkan Apartemen ASN ini akan mulai dibangun pada pertengahan September.


"Secara fisik saya mengharapkan paling cepat pertengahan September sudah mulai groundbreaking. Sudah mulai bekerja karena akhir 2024 sudah harus selesai. Milestone tahap awal, Juli sudah ada minimal 12 tower, fully furnish, dan siap huni," katanya dalam konferensi pers. ***Assyifa Rizki


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved