Headlines News :
Home » » Jokowi Bersyukur Ekonomi RI Selamat dari Pandemi Covid-19

Jokowi Bersyukur Ekonomi RI Selamat dari Pandemi Covid-19

Written By Info Breaking News on Rabu, 02 Agustus 2023 | 00.43

Presiden Joko Widodo saat berpidato di acara Zikir dan Doa Kebangsaan 78 Tahun Indonesia Merdeka 

Jakarta, Info Breaking News
- Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk bersyukur karena ekonomi Indonesia mampu bangkit pasca serangan Covid-19.

"Patut kita syukuri alhamdulillah kita bisa mengendalikan, bisa mengelola ekonomi kita pasca pandemi Covid dan bisa kembali normal dalam waktu yang sangat cepat," ungkap Jokowi dalam pidato Zikir dan Doa Kebangsaan 78 Tahun Indonesia Merdeka yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/8/2023).


Jokowi mengambil contoh negara-negara lain yang kondisinya masih memprihatinkan. Hingga kini, ada 96 negara yang menjadi pasien Dana Moneter Internasional/International Monetary Fund (IMF) akibat pandemi Covid-19.


“Kita pernah jadi pasien IMF di tahun 97-98, itu pun saat itu waktu krisis nggak ada 10 negara, ini sudah 96 negara jadi pasien IMF," tuturnya.


Presiden juga menyebut tantangan ekonomi global dibarengi dengan krisis energi dan krisis pangan. Hal ini semakin diperparah dengan adanya perang Rusia dan Ukraina.


"Gandum yang dari Rusia biasanya bisa keluar 130 juta ton, tidak keluar sama sekali. Dari Ukraina biasanya 70 juta ton, tidak bisa keluar sama sekali hingga harga gandum naik dan banyak kekurangan pangan di banyak negara," katanya.


Jokowi pun mengingat kembali bagaimana kondisi Indonesia di awal pandemi. Beruntungnya hal itu bisa dilewati berkat kerja keras seluruh komponen bangsa dan gotong royong seluruh lapisan masyarakat.


"Betapa keadaan mencekam saat itu, kengerian saya sendiri dengan Pak Wakil Presiden dengan para menteri nggak bisa bayangkan Covid ini selesai kapan. Tiap hari di jalan-jalan ambulans nguing nguing nguing semuanya. Sudah selesai yang Omicron, ganti yang Delta, terus nanti ganti apa lagi, kita ini tidak bisa menebak dan hanya bisa ikhtiar dan berserah diri kepada Allah SWT,” tandasnya. ***Rina Trian


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved