Headlines News :
Home » » Ketua Kamar Pidana MA Buka Seleksi Profile Assessment dan Wawancara Calon Hakim Ad-Hoc Tipikor Tahap XX 2023

Ketua Kamar Pidana MA Buka Seleksi Profile Assessment dan Wawancara Calon Hakim Ad-Hoc Tipikor Tahap XX 2023

Written By Info Breaking News on Jumat, 25 Agustus 2023 | 16.28

Ketua Kamar Pidana MA, Dr. H. Suhadi, S.H., M.H. dan Pemimpin Infotopbreakingnews.com, Emil F. Simatupang, yang juga sebagai Ketua Forum Wartawan Mahkamah Agung RI. 

Jakarta, Info Breaking News
- Sebagaimana kita ketahui bersama, Pasal 10 Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi telah mengamanatkan bahwa yang berwewenang mengadili tindak pidana korupsi adalah hakim karier dan hakim ad-hoc dengan komposisi sebagaimana ditentukan undang-undang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung, Dr. H. Suhadi, S.H., M.H saat membuka kegiatan Seleksi Profile Assessment dan Wawancara Calon Hakim Ad-Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tahap XX Tahun 2023 yang berlangsung pada Senin (21/8/2023) di Auditorium Badan Diklat Kumdil Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.


Untuk memenuhi maksud undang-undang tersebut, MA telah beberapa kali menyelenggarakan rekruitmen calon hakim ad-hoc tindak pidana korupsi. Di tahun 2023 sendiri sudah dilakukan rekruitmen sebanyak 2 kali, yaitu tahap XIX dan tahap XX.


Pada tahap XIX, panitia seleksi dapat menjaring calon hakim ad-hoc tipikor tingkat pertama sebanyak 17 (tujuh belas) orang berdasarkan rapat kelulusan tanggal 11 Mei 2023. 


“Sedangkan pada tahap XX ini, setelah melalui rangkaian tes seleksi administrasi dan ujian tertulis, pagi ini telah memasuki pada tahap akhir seleksi, yaitu profile assessment dan wawancara yang diikuti oleh 155 (seratus lima puluh lima) peserta,” ujarnya.


Tuaka Pidana tersebut juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para peserta ujian dalam mengikuti kegiatan seleksi profile assessment dan wawancara. Hal itu mengingat tidaklah mudah untuk bisa mengikuti kegiatan ini, sebab harus dinyatakan lulus seleksi administrasi dan lulus ujian tertulis terlebih dahulu.


Dalam kesempatan yang sama, Hakim Agung Suharto, S.H., M.H selaku Panitia Seleksi dalam laporannya menyampaikan kegiatan profile assessment dan wawancara yang diikuti peserta pelamar sebanyak 155 orang ini, kesemuanya merupakan Pelamar Pengadilan Negeri terdiri dari pelamar laki-laki sebanyak 124 orang dan pelamar perempuan sebanyak 31 orang. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Agustus 2023.


Setelah kegiatan profile assessment, para peserta akan mengikuti seleksi wawancara. Tim pewawancara terdiri dari unsur praktisi, pejabat MA dan akademisi yang tergabung dalam tim seleksi yang pelaksananannya akan dilakukan secara hybrid, yaitu offline (tatap muka) dan online.


Selanjutnya hasil seleksi profile assesment dan wawancara akan dikombinasikan untuk kemudian dilakukan rapat penentuan kelulusan peserta oleh panitia seleksi.


Hadir pula pada acara tersebut Kepala Badan Litbang Hukum dan Peradilan, Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H; pejabat eselon I dan II di lingkungan Mahkamah Agung, serta Psikolog selaku Team Leader/Ketua Pelaksana Kegiatan PPSDM, Drs. Bagaskoro Sugoto, M.A., P.Si dan seluruh Tim Asesor. *** Lisa AF. 


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved