Headlines News :
Home » » Tak Disubsidi, Berikut Perkiraan Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Tak Disubsidi, Berikut Perkiraan Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Written By Info Breaking News on Minggu, 27 Agustus 2023 | 10.47


Jakarta, Info Breaking News
- Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diperkirakan tidak akan disubsidi pemerintah.

Pria yang akrab disapa Tiko tersebut menyebut sejauh ini belum ada usulan mengenai subsidi untuk kereta cepat.


Untuk besaran harga tiket kereta cepat itu sendiri, Tiko mengatakan hal tersebut masih dibahas oleh pihaknya yang membawahi operator kereta cepat dan juga Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku regulator utama perkeretaapian.


"Nggak ada, sementara ini belum. Jadi kan kalau LRT memang ada Perpres-nya, kalau KCIC so far belum ada," kata Tiko.


Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diusulkan sebesar Rp 250.000 selama tiga tahun. Ini adalah tarif diskon.


"Tarif kita usulkan ke Kementerian Perhubungan ya, tiga tahun ini diusulkan untuk diskon tarif Rp 250.000, sama seperti Kereta Api Argo Parahyangan. Biar penumpang memilih apakah kereta cepat, mereka yang mau cepat. Mungkin yang sesuai perjalanannya dengan KAI silahkan pakai KAI. Rp 250.000 itu untuk kelas II ya," katanya ditemui di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jakarta Timur, Sabtu (12/8/2023) lalu.


Kendati demikian, ia enggan menyebutkan berapa harga normal dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa harga tersebut dinilai sudah ideal.


Sedangkan untuk jadwal pengoperasiannya, Tiko mengatakan masih menunggu restu Kemenhub. Namun, uji coba kereta cepat pertama di Asia Tenggara tersebut dipastikan akan dilakukan pada September mendatang.


"Kita belum tahu tanggalnya nanti kita lihat, kan itu terkait greenlight kemenhub. Nanti kita lihat kapannya bisa full operation. Kita mau uji coba operasi September dulu," sebut Tiko.


Sementara itu, PT KAI sebelumnya sempat mengatakan Presiden Jokowi akan menjajal KCJB pada 1 September mendatang. Setelah dijajal, kereta cepat rencananya akan dioperasikan pada awal Oktober.


"Nah kereta cepat ini Pak Jokowi akan mencoba ya itu tanggal 1 September. 1 September harapannya awal Oktober ini kita bisa mulai COD," kata Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, Kamis (10/8/2023).


"Doain nanti trial run operation-nya itu bisa lancar sehingga nanti 1 Oktober harapannya bisa jalan," imbuhnya. ***Deviane


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved