Headlines News :
Home » » Bansos Beras 10 kg Siap Meluncur Senin Besok

Bansos Beras 10 kg Siap Meluncur Senin Besok

Written By Info Breaking News on Minggu, 10 September 2023 | 12.24


Jakarta, Info Breaking News
- Bantuan sosial (bansos) beras 10 kg dipastikan akan disalurkan besok Senin (11/9/2023).

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan bansos akan diberikan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM).


Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi sempat mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan selama tiga bulan, yakni September, Oktober, dan November. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan 640 ribu ton beras.


"Percepatan untuk bantuan pangan 640 ribu ton diminta Pak Presiden langsung, pak. Jadi Pak Buwas, Senin langsung lauching dilakukan segera," katanya dalam rapat dengan Komisi IV DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023) lalu.


Arief menerangkan percepatan bansos itu dilakukan karena saat ini harga gabah tengah mengalami kenaikan. Apalagi menurutnya diprediksi panen pada September, Oktober, November, Desember 2023 serta Januari 2024 tidak mencukupi konsumsi dalam negeri.


"Kita terus monitor selama pak Dirut Bulog belum mendistribusikan 640 ribu ton maka market seperti hari ini. Artinya dalam September, Oktober, November, Desember Januari kemungkinan besar panen ini tidak mencukupi kebutuhan konsumsi," ujarnya.


Presiden Joko Widodo sebelumnya menyampaikan pemerintah telah menyiapkan skema bantuan sosial yang akan diberikan ke puluhan juta masyarakat sebagai upaya mengendalikan inflasi di tengah masyarakat.


Bansos yang pertama adalah berupa beras yang bakal diberikan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat. Masing-masing keluarga akan mendapatkan 10 kilogram beras per bulan selama 3 bulan, dari bulan September hingga November.


"Mulai awal September ini akan didistribusikan secepatnya bantuan pangan beras, 1 keluarga penerima manfaat akan mendapatkan 10 kg beras ini seperti semi operasi pasar, sehingga tiap bulan akan keluar ada 210 ribu ton, selama 3 bulan sampai November," tutur Jokowi dalam Rakernas Pengendalian Inflasi, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023). ***Candra Wibawanti


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved