Headlines News :
Home » » Laksanakan Tur Global, Presiden Bank Dunia Kunjungi Indonesia Hari Ini

Laksanakan Tur Global, Presiden Bank Dunia Kunjungi Indonesia Hari Ini

Written By Info Breaking News on Senin, 04 September 2023 | 08.54

Ajay Banga

Jakarta, Info Breaking News
- Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, hari ini akan mengunjungi Indonesia dalam rangkaian Tour Playbook global.

Kunjungan selama empat hari tersebut bertujuan untuk mempersiapkan strategi baru bagi Bank Dunia.


Tour Playbook ini dirancang untuk memperdalam hubungan Bank Dunia dengan negara-negara mitra dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, sambil mencari peluang untuk meningkatkan dampak positif melalui pengetahuan, dukungan finansial, dan bantuan teknis.


Bank Dunia, melalui keterangan resmi, mengungkapkan kunjungan ke Indonesia akan menyoroti potensi Bank Dunia untuk memperluas dan mengadopsi proyek-proyek yang memiliki dampak positif.


Dilaporkan, Ajay Banga akan mengunjungi hutan bakau di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Ini merupakan contoh nyata dukungan Bank Dunia terhadap upaya Indonesia dalam bidang ketahanan iklim serta perbaikan kualitas hidup dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.


Selanjutnya, pada Kamis (7/9/2023), Banga akan mengunjungi Desa Serdang Kulon di Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, untuk melihat upaya penanganan stunting di daerah tersebut. 


Proyek perbaikan gizi yang telah dimulai di Peru akan dikembangkan lebih lanjut dan disesuaikan dengan situasi lokal di Indonesia. Pembelajaran dari Indonesia diharapkan dapat diaplikasikan di tingkat regional dan global.


Kunjungan ini juga berlangsung bersamaan dengan Konferensi Tingkat Tinggi Ke-43 Association of Southeast Asian Nations (KTT ASEAN) dan KTT terkait yang saat ini dipimpin oleh Indonesia. Banga akan membahas peran utama Bank Dunia dalam mengkoordinasikan aksi global dan bekerja sama untuk mencapai dampak dan perubahan yang signifikan.


Selama kunjungannya ke Jakarta, Ajay Banga dijadwalkan akan bertemu dengan sejumlah pemimpin Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Selain itu, Banga akan berinteraksi dengan perwakilan sektor swasta dan penerima manfaat dari proyek-proyek yang didukung oleh Bank Dunia.


Tour global Banga ini dianggap berlangsung pada waktu yang penting bagi Bank Dunia dan masyarakat global. Tantangan kompleks seperti kemiskinan, perubahan iklim, pandemi, konflik, dan kerentanan telah membuat pembangunan menjadi lebih sulit, dan kemajuan yang telah dicapai selama satu dekade terakhir mengalami kemunduran. Bank Dunia diharapkan dapat terus beradaptasi dan memimpin upaya global untuk meningkatkan kondisi di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. 


Sebelum ke Indonesia, Banga juga sudah mengunjungi negara-negara seperti Peru, Jamaika, India, Nigeria, dan Ethiopia sebagai bagian dari tur ini. ***Jeremy Foster


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved