Headlines News :
Home » » Luhut Yakin Indonesia Bisa Lampaui Ekonomi Rusia di Tahun 2025

Luhut Yakin Indonesia Bisa Lampaui Ekonomi Rusia di Tahun 2025

Written By Info Breaking News on Jumat, 08 September 2023 | 05.27


Jakarta, Info Breaking News
- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meyakini Indonesia dapat melampaui perekonomian Rusia di tahun 2025.

Hal tersebut ia sampaikan menyusul pernyataan dari Atlantic Council yang menyebut Indonesia akan menjadi negara ekonomi terbesar ke-6. 


Luhut mengaku optimistis Indonesia bisa menjadi negara ekonomi terbesar ke-4 atau ke-5 melalui hilirisasi sumber daya alam (SDA) seperti nikel, timah, bauksit, dan tembaga.


Tak hanya itu, produk domestik bruto (PDB) nasional Indonesia juga mencapai 1,45 triliun dollar AS pada September 2023. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah siap melakukan kerja sama dengan negara lain.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta hilirisasi industri dengan menghentikan ekspor bahan mentah tetap dilanjutkan meski Indonesia kalah atas gugatan yang dilayangkan oleh Uni Eropa melalui Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). 


Selain WTO, Dana Moneter Internasional (IMF) juga meminta pemerintah untuk mempertimbangkan penghapusan kebijakan larangan ekspor nikel dan tidak meluas pada komoditas lain. 


Data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menunjukkan hilirisasi akan memberikan pendapatan per kapita Indonesia sebesar 10.500 dolar AS pada 10 tahun, kemudian menjadi 15.800 dolar AS dalam waktu 15 tahun ke depan. Namun, jika hilirasi dihentikan, Indonesia akan kehilangan pendapatan per kapita sekitar 25.000 dollar AS pada 2045. Hal ini karena hilirisasi tidak hanya terbatas pada komoditas tambang seperti nikel dan tembaga, namun juga merambah pada komoditas pangan, seperti rumput laut dan produk minyak kelapa sawit. ***Radinal


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved