Headlines News :
Home » » Turnamen Golf Dunia Digelar di Bandung

Turnamen Golf Dunia Digelar di Bandung

Written By Info Breaking News on Jumat, 05 April 2024 | 14.47


Jakarta, Info Breaking News -
Beberapa saat lagi setelah selesai lebaran, Perhimpunan Pegolf Senior Indonesia (PERPESI) akan menggelar turnamen golf senior se-ASEAN. Ajang itu bertajuk The Bluebird Star Energy CASGA Golf Tournament.

PERPESI sebagai pelaksana turnamen memilih dua lapangan golf bertaraf Internasional di Bandung, yaitu Jatinangor National Golf & Resort dan Parahyangan Golf Club sebagai lokasi penyelenggaraan turnamen. Ajang ini akan digelar pada 7 - 8 Mei 2024.

The Bluebird Star Energy Casga Golf Tournament akan diikuti oleh 128 pegolf dari negara-negara anggota ASEAN. Ada Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

"Acara ini untuk perhimpunan pegolf Asia Tenggara, termasuk Indonesia tentunya, dengan jumlah peserta 128 pemain. Kalau dibuka lebih luas mungkin jumlahnya lebih dari 128 pemain," buka Ketua Panitia Herry Winarno saat memberikan keterangan di Pondok Indah Golf, Jakarta, Senin (1/4/2024).

"Selain pertandingan golf, akan ada juga rapat dari organisasi CASGA (Confederations of ASEAN Senior Golfers' Associations), asosiasi dari perhimpunan golf 10 negara (ASEAN)," ujarnya menambahkan.

Presiden PERPESI Masrizal Syarief menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian Intermediate General Meeting CASGA yang diadakan setiap tahun. Pertandingan golf akan dimanfaatkan untuk networking atau jejaring masyarakat ASEAN ataupun membangun komunikasi di luar golf karena kebanyakan pesertanya juga adalah para pengusaha se-ASEAN, mantan pejabat (menteri), ajudan raja, hingga mantan pejabat militer dengan pangkat kolonel-jenderal.

"Kegiatan ini didukung oleh Kemlu dan Kementerian Pariwisata (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Pekan ini kami akan diterima oleh Kementerian Pariwisata," ujar Masrizal Syarief.

"Kami di-support oleh Kemlu, ibu menteri (Retno Marsudi) mengatakan kepada kami bahwa ajang ini sangat bagus mengadakan konektivitas antar negara ASEAN. Ini hanya moral support saja, tanpa support finansial. Tapi itu lebih penting mendapat dukungan moral dari pemerintah," tutur Dewan Penasihat PERPESI Peter F. Gontha.

Lebih lanjut Peter F. Gontha menyebut bahwa kegiatan ini juga untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia. Bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta ataupun Bali.

Sekjen PERPESI, Hery Kusnanto, ikut menambahkan bahwa CASGA setiap tahunnya menyelenggarakan Annual General Meeting (AGM) yang diikuti 256 peserta. Di sela-sela kegiatan itu diadakan Intermediate General Meeting berupa turnamen golf senior.

"Untuk Intermediate General Meeting, itu golf-nya lebih ke arah fun. Tidak ada juara negara atau juara tim. Baru akan ada juara di AGM. Pertemuan ini sebenarnya dimanfaatkan para pengusaha untuk berkomunikasi dan berkolaborasi usaha mereka di masing-masing negara," ucap Herry Kusnanto.

Nantinya para peserta yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta akan diantar ke Stasiun Kereta Cepat Halim. Rombongan akan menikmati perjalanan ke Bandung dengan Whoosh.

Perjalanan kembali ke Jakarta pun akan menggunakan moda transportasi yang sama. Dengan demikian Turnamen tersebut akan memberikan dampak sangat positif bagi Pariwisata Jawa Barat.

"Tidak ada cara yang lebih baik dalam membicarakan bisnis selain menghabiskan 4-5 jam bersama di lapangan golf," kata Peter F. Gontha.

Peluang tersebut tersebut yang ditangkap oleh para golfer senior di negara-negara ASEAN. Mereka membentuk Asosiasi Golfer Senior di negara masing-masing, kemudian Asosiasi-asosiasi tersebut berkolaborasi menjadi CASGA pada tahun 1983.

CASGA tidak hanya berhasil menyatukan para golfer senior di ASEAN yang jumlahnya ribuan dengan sejumlah kegiatan bersama, tetapi sekaligus menjadi salah satu alat promosi Golf Tourism di antara negara-negara ASEAN.

Sementara PERPESI yang terpilih sebagai tuan rumah dan pelaksana, memiliki 24 Cabang di seluruh Indonesia. Perkumpulan memiliki pengalaman dan menyelenggarakan event tersebut.

Pemilihan lokasi di Bandung sangat tepat bagi PT Star Energy Geothermal yang memiliki dua Pembangkit Panas Bumi di Jawa Barat. Lalu Blue Bird Tbk. menjadi sponsor utama sehingga keduanya menjadi titel ajang golf ini.

Beberapa perusahaan ternama di Indonesia juga telah menyatakan dukungan penuh kepada PERPESI. Kesuksesan Turnamen ini akan menjamin kepastian Indonesia dan PERPESI menjadi tuan rumah Turnamen Golf CASGA yang lebih besar lagi yang akan diikuti 256 pegolf Tahun 2025. *** Jeremy FS




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved