Headlines News :
Home » » Gembong Narkoba Paling Dicari di Kolombia Berhasil Ditangkap

Gembong Narkoba Paling Dicari di Kolombia Berhasil Ditangkap

Written By Info Breaking News on Senin, 25 Oktober 2021 | 11.10

Dairo Antonio Usuga alias Otoniel saat dikawal oleh tentara militer Kolombia

BOGOTA, INFO BREAKING NEWS - Presiden Kolombia Iván Duque mengkonfirmasi penangkapan Dairo Antonio Usuga dalam pidato nasional yang disiarkan televisi akhir pekan kemarin.

Gembong narkoba yang akrab dikenal dengan nama Otoniel tersebut merupakan sosok yang paling dicari di Kolombia. Ia berhasil ditangkap oleh pihak berwenang dalam apa yang telah digembar-gemborkan sebagai pukulan terbesar bagi pengedar narkotika negara itu selama beberapa dekade. 


"Aksi penangkapan ini hanya sebanding dengan jatuhnya Pablo Escobar di tahun 90-an," kata Duque.


“Otoniel adalah pengedar narkoba yang paling ditakuti di dunia, pembunuh polisi, tentara, pemimpin sosial, dan perekrut anak di bawah umur," lanjutnya.


Reuters melaporkan, Otoniel (50), ditangkap selama operasi di daerah pedesaan di wilayah Uraba Kolombia, yang terletak di provinsi Antioquia. Seorang petugas polisi tewas dalam operasi tersebut, menurut laporan tersebut.


Otoniel adalah pemimpin kartel narkoba 'Clan del Golfo', yang digambarkan Departemen Luar Negeri AS sebagai kelompok “bersenjata berat dan sangat kejam." 


Dia menjadi pemimpin setelah menjalankan tugas sebagai gerilyawan sayap kiri dan paramiliter.


Departemen Luar Negeri AS menyebut kartel tersebut terdiri dari mantan anggota organisasi teroris dan menggunakan kekerasan dan intimidasi untuk mengontrol rute perdagangan narkotika serta laboratorium pemrosesan kokain.


Otoniel sebelumnya didakwa oleh Distrik Selatan New York pada tahun 2009. Departemen Luar Negeri menawarkan hingga $ 5 juta (sekitar Rp 70 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau hukumannya, sementara Kolombia menawarkan hadiah hingga 3 miliar peso Kolombia (sekitar $ 800.000 atau Rp 11 miliar) untuk informasi tentang keberadaannya.


"Untuk semua penjahat dan pengedar narkoba: Anda menyerah, atau kami akan datang dan menangkap Anda,” tegas Duque di akhir pidatonya. ***Rina Trian

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved