Headlines News :
Home » » Selamat Isra Mi'raj Untukmu Seluruh Sahabat Muslimku

Selamat Isra Mi'raj Untukmu Seluruh Sahabat Muslimku

Written By Info Breaking News on Jumat, 17 Februari 2023 | 09.39


Jakarta
, Info Breaking News - Hari Isra Mi'raj (Mikraj) 2023 jatuh pada Sabtu 18 Februari , yang bertepatan dengan tanggal 27 Rajab 1444 hijriah. Bagi umat muslim yang beriman, peristiwa Isra Mi'raj merupakan salah satu mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad saw. 

Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah antara tahun 620-621 masehi. Dalam Isra Mi'raj, Nabi Muhammad saw melakukan perjalanan jauh nan suci, perjalanan yang menembus langit ketujuh itu hanya ditempuh satu malam atas perintah Allah. Di sanalah Nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah berupa shalat lima waktu. Setelah naik ke surga, dimurnikan dan diberi perintah bagi umat Islam untuk shalat lima kali sehari.

Peristiwa Isra Mi'raj dijelaskan langsung oleh Allah dalam firmanNya di surah Al-Isra ayat 1 sebagai berikut 

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ 

"Allah SWT Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. Al-Isra [17]:1) 

Isra berarti perjalanan Nabi Muhammad saw. dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa. Sementara itu, Mi'raj adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad saw diperjalankan ke alam yang paling tinggi yaitu Sidratulmuntaha, untuk kemudian menerima perintah menjalankan shalat lima waktu dari Allah. 

Sebelum peristiwa Isra dan Mi'raj, Nabi Muhammad mengalami masa-masa penuh kesedihan. Hal itu membuat periode tersebut disebut sebagai 'umul huzn alias tahun kesedihan. Beliau kehilangan pamannya, Abu Thalib, serta istri yang selama ini mendukungnya yaitu Siti Khadijah. Di sisi lain, penolakan terhadap dakwah Islam pun sempat diterima beliau saat menyeru penduduk Thaif untuk beriman. 

Lalu, sebagian sahabat Nabi Muhammad saw juga meninggalkannya menuju negeri Habasyah demi menyelamatkan agamanya. Di saat yang serba sulit ini, Allah SWT memuliakan Nabi Muhammad saw dengan Isra dan Mi'raj. Peristiwa ini merupakan mukjizat terbesar, yang sekaligus menandai kemuliaan tertinggi beliau. Shalat telah diperintahkan kepada seluruh umat muslim dan menjadi tiang dalam agama.

Isra Mi’raj Nabi bukan sekedar perayaan hari keagamaan namun jadikan sebagai cara merefleksi untuk memotivasi diri yang diimplementasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari, menjalankan perintah Allah SWT terutama shalat lima waktu sehari sebagai rukun yang wajib dilakukanKegiatan yang sering diadakan adalah pengajian untuk menimba kembali ilmu yang bisa digali dari hikmah Isra Mi'raj.

Selamat hari Isra Mi'raj untukmu semua sahabat muslimku, di bulan penuh makna ini dan seterusnya kita tetap menjaga Ukuwah Islamiah, dan selalu berada dalam lindungan Allah. Pada peringatan ini kita panjatkan doa dan harapan agar selalu diberikan hidayah oleh Allah. Jagalah salatmu, Rasulullah telah memperjuangkan ibadah ini untuk seluruh umat muslim. 

Semoga kita dapat mengikuti jejak dan meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad saw. Syafa’at Rasulullah saw selalu menyertai perjalanan hidup kita didunia. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.***Redaksi

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved