Headlines News :
Home » » DPR Dukung Langkah Menpora-KPK Ciptakan Aplikasi Pengawasan Anggaran

DPR Dukung Langkah Menpora-KPK Ciptakan Aplikasi Pengawasan Anggaran

Written By Info Breaking News on Kamis, 27 Juli 2023 | 07.02


Jakarta, Info Breaking News
- Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyatakan dukungannya terhadap kerja sama Menpora Dito Ariotedjo dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam membuat aplikasi pengawasan anggaran di Kemenpora.

Menurutnya, kerja sama tersebut dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi pengawasan dan pencegahan di tubuh kementerian.


"Inisiatif seperti inilah yang kami di Komisi III tunggu-tunggu di mana kementerian maupun lembaga berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi bersama KPK demi mewujudkan transparansi. Jadi semangatnya sangat kita hargai. Ini kerja sama konkret dan bukan formalitas belaka,” ungkapnya, Rabu (26/7/2023).


Sahroni menilai KPK perlu lebih banyak terlibat dalam fungsi pengawasan dan pencegahan di berbagai lembaga lainnya. Pasalnya, kata dia, langkah terbaik memberantas korupsi adalah dengan menciptakan sistem yang ketat dan matang, salah satunya dengan adaptasi teknologi.


“KPK kan bukan hanya penindakan saja, tetapi ada juga pendidikan, pencegahan, dan pengawasan. Saya kira akan bagus kalau KPK bisa terus digandeng dalam mewujudkan sistem pencegahan berbasis teknologi ke lembaga-lembaga negara lainnya. Agar apa? Kita punya sistem yang ketat, matang, dan tanpa celah,” ucapnya.


Lebih lanjut, politikus Nasdem tersebut mengatakan penerapan sistem pencegahan berbasis teknologi akan sangat menekan angka korupsi. Hal ini disebabkan karena proses-proses yang melibatkan penggunaan dana anggaran akan dapat dipantau secara langsung.


“Terutama kalau menyangkut anggaran, kita hindari people to people, semuanya lewat digital saja. Jadi kalau sudah begini, jangankan ditangkap, berupaya mencurinya saja tidak akan bisa. Apalagi masyarakat bisa ikut memantau,” tandasnya. ***Deviane


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved