Headlines News :
Home » » Mengenal Lebih Dekat Dr. Sobandi, Karo Hukum dan Humas MA yang Dilantik Jadi Hakim Tinggi PT Palembang

Mengenal Lebih Dekat Dr. Sobandi, Karo Hukum dan Humas MA yang Dilantik Jadi Hakim Tinggi PT Palembang

Written By Info Breaking News on Jumat, 28 Juli 2023 | 09.55

Dr. Sobandi saat dilantik dan diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi Palembang

Jakarta, Info Breaking News
- Kerja keras terbukti takkan mengkhianati. Kalimat ini cocok disandingkan dengan kinerja Dr. Soebandi, S.H., M.H.
Pelantikan Hakim karier Soebandi sebagai Hakim tinggi di PT. Palembang pada hari ini, Jumat 28 Juli 2023 dilakukan secara hikmat oleh KPT Palembang dimana terlihat para tamu undangan yang merupakan para Ketua Pengadilan se Sumsel dan sejumlah insan Hakim lainnnya. 

Pria yang selama ini akrab menyapa awak media sebagai Karo Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA), kini dipercaya memangku status Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Palembang, Sumatera Selatan.

Fenomena ini sudah tentu menjadi torehan sejarah tersendiri dalam perjalanan karir Dr. Sobandi. Pasalnya, momen seperti ini langka terjadi.

Mengenal Sobandi Lebih Dekat

Dr. H. Sobandi, S.H., M.H, lahir pada 4 Februari 1969.  Ia memulai karirnya saat menjadi calon hakim di Pengadilan Negeri Brebes pada tahun 1996.


Alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tersebut bertugas pertama kali sebagai hakim di Pengadilan Negeri Blangkejeren, Aceh (2000-2001). Kemudian profesinya sebagai hakim membawanya pindah tugas dari satu pengadilan negeri ke pengadilan negeri lainnya. 


Dr. Sobandi bersama Ketua Forum Wartawan MA, Emil F. Simatupang

Sobandi sebelumnya pernah ditempatkan di Pengadilan Negeri Sungai Penuh Jambi selama lima tahun dari 2001-2006. Ia juga pernah bertugas di Pengadilan Negeri Kandangan, Kalimantan Selatan (2006-2008); Hakim di Pengadilan Negeri Indramayu, Jawa Barat(2008-2010); dan Pengadilan Nageri Batam (2010-2013).  

Sebelum dilantik sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas pada 30 Agustus 2021 lalu, Sobandi dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu, Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, dan Wakil ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Hakim yang pernah menjadi dosen pada Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung ini memiliki tiga orang anak dan kerap mengisi waktu luangnya dengan menulis karya ilmiah, dimana dua di antaranya yang bertajuk "Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia"  dan "Limitasi Hakim Gagasan Rekontruksi Kewenangan Pengadilan Niaga", berhasil naik cetak.


Dr. Sobandi usai dilantik sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Palembang

"Saya siap 24 jam dalam 7 hari bekerja sama, membantu, menjawab segala pertanyaan dari rekan-rekan media. Saya akan menjadi sahabat bagi kalian,” ungkap putra Sunda kelahiran Jawa Barat, kepada Info Breaking News, Jumat (28/7/2023) 


Bahkan lebih lugas lagi Lembaga Mahkamah Agung menurut Dr. Sobandi bukanlah milik seseorang, bukan pula milik Mahkamah Agung itu sendiri, namun Mahkamah Agung adalah sebuah lembaga milik masyarakat Indonesia. Untuk itu, ia mengajak rekan media untuk mencintai dan menjaganya bersama-sama. Salah satunya yaitu dengan cara memberikan masukan, saran, dan kritik demi menjaga lembaga agar selalu bisa dicintai bersama.

" Jujur saya mau katakan bahwa bersahabat baik dengan kalangan jurnalis khususnya yang komit meliput berita diseputar lembaga MA, membuat kami banyak terbantu dalam setiap event penting yang melalui rekan media bisa tersampaikan secara baik kepada masyarakat luas seputar apa saja yang kini menjadi prioritas utama MA untuk menjaga kepercayaan publik. " Tukasnya semangat. 

Itulah sekelumit profil Soebandi, yang diharapkan kelak kedepan menjadi Hakim karier terbaik karena sejati nya tinggal selangkah lagi Soebandi diharapkan menjadi salah seorang hakim agung di benteng terakhir bagi para pencari keadilan

Karena di jaman yang semakin menggila ini para jurnalis sudah sangat susah menemukan sosok seorang hakim pejabat elite di MA yang masih memiliki rasa care terhadap wartawan, apalagi dibandingkan banyak wakil Tuhan itu terkesan alergi pada kalangan jurnalis, bahkan tidak sedikit yang tidak perduli, padahal ketika mengalami naas apes seperti belakang ini banyaknya tertangkap oknum Hakim nakal, tak terbantahkan bahwa masyarakat luas bisa tau hanya melalui media yang mampu mengungkapnya

Semoga Hakim Soebandi tidak pernah berubah sampai kapan pun. Itu harapan dan doa kalangan jurnalis yang tergabung di forum wartawan Mahakama Agung (Forwama) *** Lisa AF/ MIL


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved