Headlines News :
Home » » 47 Tower Megah Dikebut Pembangunannya Untuk Kemegahan IKN dan Kenyamanan Tinggal ASN

47 Tower Megah Dikebut Pembangunannya Untuk Kemegahan IKN dan Kenyamanan Tinggal ASN

Written By Info Breaking News on Jumat, 01 Desember 2023 | 11.37


Passer Panajam, Info Breaking News -
 Pembangunan Ibukota Nusantara di Kaltim terus dikebut, seiring dengan sisa jabatan Presiden Jokowi yang tewrsisa setahunh lagi. sehingga pengerjaan Rumah Susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan sebanyak 12 tower atau menara rusun ditarget rampung pada Juni 2024.

"Sampai Juni-Juli (2024) dari 47 itu bisa 10 atau 12 tower (yang rampung). Sudah kontrak sebulan yang lalu, kan," ungkap Basuki dihadapan para wartawan yang sejak awal dengan setia memberi berita update kepublik terkait pembangunan IKN yang setara megahnya drengan kota modern dunia Dubai, Jumat (1/12/2023) di IKN Kaltim.

Ia kemudian menjelaskan, bahwa pembangunan rusun ASN yang terdiri dari 47 tower itu masuk dalam batch kedua atau tahap kedua pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara. Dalam batch kedua, ada sejumlah proyek infrastruktur lain yang sedang dibangun.

Di antaranya seperti, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan rusun TNI-Polri. Khusus rusun TNI-Polri, ia menjelaskan bahwa progres pengerjaannya masih di angka 3% karena baru dilakukan land clearing.

"Yang batch kedua ini (isinya) yang IPAL terpadu, kita lagi progressing, dan kalau rusun-rusun bahkan ada yang baru bekisting. 47 tower itu rusun ASN, rusun TNI dan Polri, itu belum. Mungkin baru land clearing, itu yang 3%," jelasnya.

Berdasarkan catatan detikcom, rusun untuk ASN dan pertahanan keamanan di IKN Nusantara saat ini sedang berproses. Proyek tersebut ditarget rampung dan bisa mulai dihuni pada Juni-Juli 2024. Secara keseluruhan, Rusun ASN-Hankam akan terdiri dari 47 tower.

47 tower tersebut diproyeksi bisa menampung hingga 16.000 ASN. Rusun ASN-Hankam berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektar.

Satu tower terdiri dari 12 lantai, setiap lantai terdiri atas lima unit apartemen. Sebanyak dua lantai digunakan sebagian menjadi fasilitas sosial dan fasilitas umum, sehingga menyisakan 10 lantai untuk hunian. Adapun satu unit apartemen terdiri dari tiga kamar sehingga jika ditotal satu tower terdiri atas 150 unit.

Sebagai tambahan informasi, dikutip dari detikProperti, 47 tower rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya. Pembangunan rusun terdiri dari 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit untuk menampung 5.580 orang.

Sementara untuk Rusun Hankam, terdiri dari 7 rusun untuk personel POLRI dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit yang bisa menampung sebanyak 2.880 personel.

Usulan Kebun Binatang Endemik

Pakar Ekonomi dan Bisnis Prof Rhenald Kasali mengusulkan agar pemerintah membangun kebun binatang endemik lokal di IKN Nusantara. Rhenald mengungkit hal itu karena ia melihat berbagai kebun binatang di Indonesia justru dipenuhi satwa luar negeri.

"Saudara sering bingung tidak sih melihat kebun binatang Indonesia? Isinya apa? harimau benggala, jerapah, burung pelikan, mana binatang Indonesia? Kebun binatang Indonesia isinya binatang-binatang luar negeri. Kenapa tidak kita taruh binatang Indonesia yang jumlahnya banyak sekali, ada binturong, kanguru pohon, tapir, itu banyak sekali dan itu harus kita selamatkan," ucap Rhenald dalam agenda ESG Lecture di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023) kemaren.

Alhasil, Rhenald pun mengaku sempat berpikir agar IKN Nusantara juga membuat kebun binatang yang berisi berbagai hewan endemik lokal di Indonesia. Ia mengutarakan langsung hal tersebut di depan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saya pernah berpikir pak Bas, di IKN ada tempat pelestarian hewan asli Indonesia. Itu harus kita pikirkan, karena tidak mungkin kita pelihara seperti biasa. Kalau mau pelihara gajah? Berapa banyak yang harus kita kasih makan. Itu lumayan (biayanya), sangat besar," ungkapnya.

Diwawancarai terpisah, Basuki kemudian menilai bahwa usulan tersebut sangat bagus. Ia menjelaskan bahwa ide tersebut bisa digunakan.

Namun Basuki menuturkan bahwa penganggaran untuk pembangunan kebun binatang bisa dilakukan lewat investasi, seperti Kebun Raya atau botanical garden yang segera dibangun Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN).

"Bagus itu idenya, itu ide yang bisa dipakai banget. Tapi nanti ditanya ke Otorita IKN, nanti dikira saya mendahului Otorita. Kan kita yang jelas mau bikin botanical garden," pungkasnya.

Paling tidak dunia mencatat bahwa IKN merupakan pencapaian puncak gemilang seorang Presiden RI ke 7 Joko Widodo yang namanya banyak dijadikan meseumm dan gedung raksasa dipenjuru dunia, bahkan nama Jokowi diukir dengan maha karya pematung di Brusel Belgia. 

Bagi segelintir orang yang sejak awal selalu berpandangan negatip terhadap Jokowi, akan tergilas dengan banyaknya reputasi gemilang yang dicapai Jokowi bahkan sangat fenomenal.*** Arash

Baca dan dapatkan berita menarik lainnya hanya tinggal klik Beranda dibawah ini


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved