Headlines News :
Home » » Keresahan Lawyer Kondang OC Kaligis Terkait Uangnya

Keresahan Lawyer Kondang OC Kaligis Terkait Uangnya

Written By Info Breaking News on Sabtu, 09 Desember 2023 | 12.39

Jakarta, Info Breaking News - Prof. OC. Kaligis, pengacara legendaris dan aset Indonesia yang sepanjang karier hukumnya sudah banyak membantu para petinggi negeri ini baik berperkara dengan pihak asing maupun persoalan dengan sytem peradilan diluar negeri, dan semua dapat dimenangkan OC. Kaligis, tapi justru disaat usianya sudah lanjut dan sakit sakitan malah uangnya senilai Rp. 30 Miliar saja, harus bertele tele dikembalikan.

Berikut dibawah ini surat cinta kasih sayang orizinal OC. Kaligis 

Jakarta Kamis 7 Desember 2023.
Nomor 1097/OCK.XII/2023
Hal : Kembalikan tabungan saya dari PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).
 
Kepada yang saya hormati
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara R.I.
Bapak Kartika Wirjoatmodjo
KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA R.I.
Jln. Medan Merdeka Selatan No.13
JAKARTA PUSAT
 
Dengan hormat,
 
Perkenankanlah saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, melalui surat ini mengajukan permohonan pengembalian uang tabungan saya sebesar kurang lebih 25 miliard rupiah tanpa bunga, yang saya tabung di PT.Asuransi Jiwasraya (Persero), berdasarkan Perjanjian Pengikatan Protection Plan yang dirancang Jiwasraya.
 
Berikut kronologis rangkaian tabungan saya :
 
1. Pertama saya adalah penabung tetap di Bank Tabungan Negara (BTN).
 
2. Satu saat di sekitar tahun 2016, Manager Investasi dari BTN, saudara Fitri, menawarkan kepada saya Produk Jiwasraya bernama Protection Plan.
 
3. Intinya : Agar saya memindahkan tabungan saya ke Jiwasraya, BUMN, dengan bunga lebih tinggi sedikit dari BTN, berjangka hanya satu tahun.
 
4. Karena yang menawarkan BTN, saya tidak ragu mendeposito tabungan saya ke Jiwasraya, BUMN yang telah berdiri cukup lama, sejak penjajahan Belanda tahun 1859.
 
5. Tabungan saya sejumlah kurang lebih 25 miliard rupiah tersebut saya bagi tiga, atas nama saya sendiri dan dua pegawai saya, masing-masing Yenny Octorina Misnan dan Aryani Novitasari (L-1, L-2 dan L-3).
 
6. Ketika membaca keberhasilan Bapak mengembalikan dan menyelesaikan kasus Protection Plan nya Jiwasraya, penyelesaian sebesar lebih dari 90 persen nasabah Protection Plan, mungkin bagi mereka yang bukan peserta tabungan Protection Plan, sangat salut akan usaha Bapak dalam rangka perjuangan Bapak menyelesaikan kemelut kasus Protection Plan melalui perjanjian pengikatan baru yang dirancang dibawah nama.
 
Perjanjian Restrukturisasi yang dilakukan oleh IFG (Indonesia Finance Group) yang mengambil alih Protection Plan dari Jiwasraya.
 
7. Yang pernah mengalami sendiri rancangan Restrukturisasi IFG tersebut, pasti sadar bahwa Perjanjian Restrukturisasi tersebut adalah langkah terselubung merampok uang rakyat, uang penabung Protection Plan.
 
8. Pada mula kami membentuk Himpunan Korban Protection Plan Jiwasraya, jutaan pegawai kecil bergabung.
 
9. Perlahan mereka menyerah dan terpaksa menandatangani Perjanjian Rekstrukturisasi yang dirancang sepihak dengan ketentuan para pemegang polis Protection Plan hanya dibayar 50 persen tanpa bunga, cicilan lima tahun, dengan ancaman bila menolak, uang mereka raIb.
 
10. Saya/kami menolak, dan tetap memilih jalur hukum melalui pengadilan.
 
11. Gugatan kami melawan PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) dan Menteri Erick Thohir, terdaftar dibawah nomor No.219/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst.  di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (terlampir amar putusan pengadilan negeri L-4), dan nomor 176/Pdt/2022/Pn.DKI.Jkt  di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta (terlampir amar putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta L-5).
 
12. Di tengah berjalannya gugatan nomor 219/Pdt.G/2020/PN.JKT.PST. di Pengadilan Negeri, Jiwasraya melalui kuasa hukumnya berupaya memasukkan konsep baru Perjanjian Restrukturisasi di acara pembuktian, tetapi majelis hakim menolak.
 
13. Ternyata sudah sejak lahirnya rancangan Protection Plan, modus operandi Jiwasraya adalah merampok uang rakyat karena berdasarkan pasal 75 Undang Undang Asuransi seharusnya Jiwasraya transparan, tetapi justru Jiwasraya menyembunyikan kemelut mega korupsi yang terjadi di tubuh Jiwasraya akibat spekulas gorengan saham.
 
14. Bunyi Pasal 75 Undang undang Asuransi, Undang Undang nmr. 40 tahun 2014 : “Setiap orang yang dengan sengaja tidak memberikan informasi atau memberikan  informasi yang tidak benar, palsu dan/atau menyesatkan kepada pemegang polis, tertanggung ,atau peserta sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 ayat ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp.5.000.000.000 (limamiliar rupiah)“.
 
15. Peluncuran proyek protection plan sama sekali tidak melalui informasi yang jelas.
 
16. Majelis hakim tetap berpegang ke perjanjian polis Protection Plan sesuai azas Pacta sunt servanda. Apa yang telah disepakati para pihak, adalah berlaku sebagai undang undang yang mengikat.
 
17. Setelah dua kali memenangkan perkara, dan putusan hakim perkara nomor 219/Pdt.G/2020/PN.JKT.PST. dan nomor 176/PDT/2022/PT.DKI.Jkt., telah in kracht, panggilan eksekusi dilakukan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, baik kepada PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) maupun kepada Menteri BUMN, Erick Thohir, agar mereka melaksanakan Perintah Pengadilan, membayar kembali uang tabungan saya sebesar kurang lebih 25 miliard rupiah ditambah bunga satu persen perbulan.
 
18. Di saat Pengadilan hendak mensita barang barang Jiwasraya, khususnya bangunan bersertifikat, terbukti sementara acara gugatan, guna menghindari sitaan, Jiwasraya telah memindahkan kekayaannya ke pihak ketiga. Benar benar rancangan perampokan berencana.
 
19. Ada sebagian pemegang polis Protection Plan menang di Pengadilan, yang eksekusinya mengalami nasib sama seperti yang saya alami.
 
20. Ada sebagian pemegang polis protection plan, kurang lebih seratus orang lebih, meninggal, tak sempat menikmat uang tabungannya.
 
21. Dalam rangka rancangan perampokan uang pemegang polis, saya sendiri beberapa kali didatangi oleh Bapak Angger Yuwono, Direktur Utama PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) membujuk saya agar ikut menanda tangani Perjanjian Restrukturisasi, dengan syarat cicilan 5 tahun, potongan 50 persen, tanpa bunga.
 
22. Saya yang mengerti hukum, tegas menolak.
 
23. Pasti Bapak juga tahu sumpah Menteri : Taat Undang undang sesuai dengan sumpah Presiden, pasal 9 Undang Undang Dasar.
 
24. Bukannya Erick Thohir memenuhi putusan pengadilan, sebaliknya ketika kalah perkara, Erick Thohir menggunakan jasa Jaksa Agung bidang Tata Usaha Negara untuk mengajukan PK terhadap putusan yang kracht.
 
25. Maksud PK jelas. Untuk mengabaikan putusan pengadilan yang in kracht.
 
26. Di usia saya yang 82 tahun, kemungkinan di saat Tuhan memanggil saya, Jiwasraya, Erick Thohir, tetap merampok uang tabungan saya.
 
27. Semoga Bapak bukan merupakan bahagian komplotan dari mereka, yang telah menipu saya.
 
28. Akhir kata semoga Tuhan Yang Maha Adil, juga menggerakkan hati Bapak, agar tabungan saya dapat dikembalikan.
 
29. Saya hanya meminta kembali uang hasil jerih payah saya selama berkecimpung di dunia hukum sejak tahun 1966.
 
30. Semoga Bapak turut tergerak menegakkan keadilan.
 
 
 
Hormat saya,
Korban Jiwasraya,
 
 
 
 
Prof. Otto Cornelis Kaligis.
 
Cc. Yang terhormat Bapak Presiden Joko Widodo sebagai laporan.
Cc. Yang terhormat Bapak Menteri Koordinator Polhukam, Prof. Mahfud MD.
Cc. Yang terhormat Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir
Cc. Yang terhormat Bapak Jaksa Agung R.I., Prof. DR. H. Sanitiar Burhanuddin,S.H.,.MM.
Cc. Yang terhormat Bapak Kapolri, Jendral Pol. Lystio Sigit Prabowo.
Cc. Sahabat Media pemerhati masalah hukum.
Pertinggal.
 
 
Lampiran : L - 1 s/d L - 3Polis Protection Plan atas nama OC.Kaligis, Yenny Octorina, Aryani Novitasari.
Lampiran.: L - 4 : Amar Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.219/Pdt.G/2020/PN.JKT.PST..
                   L – 5 : Amar Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No.176/Pdt/2022/PT.DKI.

Editor: Emilisa.

Klik Beranda dibawah ini untuk mendapatkan berita aktual lainnya.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved