Headlines News :
Home » » Ridwan Mansyur, Hakim yang Adili Kasus Munir Dilantik Jokowi Jadi Hakim MK

Ridwan Mansyur, Hakim yang Adili Kasus Munir Dilantik Jokowi Jadi Hakim MK

Written By Info Breaking News on Jumat, 08 Desember 2023 | 13.01


Jakarta, Info Breaking News
- Presiden Joko Widodo resmi melantik Ridwan Mansyur sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Manahan Sitompul yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 98/P Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Mahkamah Agung.


"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Ridwan saat membacakan sumpahnya di Istana Negara, Jumat (8/12/2023).


Ridwan terpilih setelah berhasil mengungguli empat kandidat lainnya dalam penulisan makalah dan uji kelayakan.


Acara pelantikan dihadiri pula oleh Seskab Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian  dan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.


Perjalanan karir Ridwan dimulai pada tahun 1986. Saat itu dirinya tercatat sebagai calon hakim. Ia pun resmi duduk menjadi hakim pada 1989 dan kemudian ditugaskan di Pengadilan Negeri Muara Enim.


Sembilan tahun kemudian ia dipindahtugaskan ke Pengadilan Negeri Cibinong. Selanjutnya, empat tahun kemudian ia dimutasi menjadi hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sampai 2006.


Karirnya pun terus meningkat hingga akhirnya dipercaya memimpin Pengadilan Negeri Batam. Ia terpilih sebagai Ketua pada tahun 2008.


Ia kemudian ditunjuk menjadi Ketua Pengadilan Negeri Palembang Klas IA Khusus pada 2010. Dua tahun berselang, MA memberikan promosi dan menetapkan Ridwan sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta.


Pada pertengahan 2017, Ridwan dipercaya menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bangkabelitung sampai akhir 2018. Setelah itu, ia menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang. 


Ia mendapat promosi menjadi Wakil Ketua PT Semarang sebelum akhirnya diangkat menjadi Panitera MA pada 2021.


Jauh sebelum dipercaya menduduki posisi Hakim MK, nama Ridwan disorot karena bertugas sebagai salah satu hakim yang mengadili kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib. ***Sam Bernas


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved