Headlines News :
Home » » Luhut Usulkan Kenaikan Pajak Motor Berbahan Bakar Bensin

Luhut Usulkan Kenaikan Pajak Motor Berbahan Bakar Bensin

Written By Info Breaking News on Jumat, 19 Januari 2024 | 09.47


Jakarta, Info Breaking News
- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan dirinya dan Presiden Joko Widodo tengah menggodok rencana terkait kenaikan pajak sepeda motor nonlistrik atau motor berbahan bakar bensin.

Kenaikan pajak sepeda motor nonlistrik dilakukan agar bisa mensubsidi kendaraan listrik.


“Kita sedang menyiapkan kenaikan pajak kendaraan sepeda motor nonlistrik sehingga itu bisa mensubsidi ongkos untuk kendaraan listrik," katanya saat menghadiri acara peluncuran mobil listrik dari produsen asal Tiongkok, BYD, Kamis (18/1/2024).


Luhut menilai, peluncuran kendaraan listrik di Tanah Air relevan dengan upaya Indonesia dalam memerangi polusi.


"Saya ucapkan terima kasih kepada BYD atas komitmennya untuk jadikan Indonesia basis produksi kendaraan listrik di Asia Tenggara. Tahun Lalu kita menandatangani MoU, tak hanya selembar kertas, tapi komitmen dan invovasi jangka panjang unuk memperkuat electric vehicle (EV) sebagai pilar penting dari upaya transisi energi nasional yang memitigasi perubahan iklim," ungkapnya.


Lebih lanjut, Luhut menyebut peran EV sangat penting mengingat saat ini banyak masalah lingkungan yang terjadi akibat pemanasan global dan polusi.


“Kita dorong penerapan EV untuk mengurangi polusi dan mencapai target net zero emisson pada 2060. Lalu kita juga sekaligus kita akan membuat kualitas solar atau bensin menjadi Euro 4 dan 5," jelas Luhut.


Terakhir, ia berharap masyarakat Indonesia dapat mengubah kebiasaan dan beralih dari kendaraan berbahan bakar bensin ke listrik untuk lingkungan dan hidup yang lebih baik dan sehat.


"Ini untuk anak cucu kita, karena air pollution atau polusi itu tak mengenal pangkat dan jabatan, posisi hingga agama. Polusi bisa kena ke siapa saja dan harus kita jadikan musuh bersama. Ibarat perang, itu rakyat semesta berperang melawan polusi udara yang kita bikin sendiri," tandasnya. ***Juwandi Supriyadi


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved