Headlines News :
Home » » Profil Hakim Karier Dr. H. Andi Akram, SH MH, Aset Bernilai Mahkamah Agung RI

Profil Hakim Karier Dr. H. Andi Akram, SH MH, Aset Bernilai Mahkamah Agung RI

Written By Info Breaking News on Jumat, 31 Maret 2023 | 02.13

Dr. H. Andi Akram, SH MH.

Palaran City, Info Breaking News -
Sejak remaja pria yang terlahir dari keluarga harmonis dan taat melakukan ibadah sebagaimana yang diutamakan dari didikan kedua orangtuanya, sudah merasa terpanggil hatinya untuk menjadi orang yang berguna bagi banyak orang, khususnya terhadap ketidak adilan akibat pertikaian dan miskin akan pengetahuan agama, maka terbentuklah jiwa Andi Akram ingin menjadi seorang Hakim Karier untuk memberikan keadilan sebagaimana yang diajarkan Allah SWT dan Baginda Rasullullah Nabi Besar Muhammad SAW.

Dan saat diterima sebagai PNS dan dipercaya menjabat staf Pengadilan Agama di kota Sengkang itulah moment Akram melejit hingga menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Tingkat Pertama Jakarta Selatan, diusia yang masih sangat muda belia namun penuh prestasi yang cemerlang.

"Kadang saya dibuat tertegun, jika melihat sepasang pasutri didepan saya diruangan persidangan, sangat harmonis, pasangan yang serasi dan berwawasan intlektual, dan masing masing tersenyum ketika menolak untuk rukun bersatu lagi membina bahtera rumahtangga, tapi jawaban dari pasutri itu sama sama bulat tekadnya untuk tetap untuk meminta saya menjatuhkan talak dan bercerai. Hebatnya lagi pasutri seperti itu sudah dikaruniakan anak anak yang sehat dan rupawan, tapi kok hanya alasan sudah tidak ada kecocokan, maka minta bercerai dan tidak mau lagi didamaikan oleh saya. Apa yang salah sebenarnya ? Walualam Bisawab" kata Andi Akram dengan suara bergetar, saat berbincang dengan wartawan senior hukum Emil F Simatupang, Jumat, (30/3/2023).

Andi Akaram dengan isteri tercinta yang soleha

Segudang pengalaman dimeja hijau itu membentuk pribadi Akram menjadi seorang suami yang bijak penuh tanggung jawab, juga sebagai ayah yang sangat dekat dengan ketiga buah hatinya, malaikat kecilnya, tiga perempuan yang merupakan kekuatan batinnya disamping seorang isteri yang soleha, tidak banyak menuntut, tidak rewel dan tidak pencemburu, tetapi memiliki doa yang tak pernah putusnya sekalipun kadang badai menerpa.

Itulah sosok Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H. lahir di Parepare pada 14 November 1970 dari pasangan H. Andi Muh Aqil Patimpa dan Hj. Andi Maraunga. 

Setelah lulus dari SMA Swasta IMMIM pada tahun 1988, ia melanjutkan pendidikan S1 di IAIN Alauddin Ujung Pandang dengan mengambil jurusan Peradilan Agama dan lulus di tahun 1993. Kemudian, ia mengambil S2 dengan jurusan Hukum Perdata di Universitas Muslim Indonesia.


Alih-alih langsung melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, Andi justru memilih untuk kembali mengeyam pendidikan S1 di STIH Lamaddukelleng Sengkang dengan jurusan Ilmu Hukum. Ia mendapatkan gelar sarjananya pada tahun 2003 silam.  Gelar doktoral Hukum Islam ia terima dari Universitas Islam Negeri Bandung Sunan Gunung Djati di tahun 2012.


Sebagai mahasiswa, Andi merupakan sosok yang aktif dalam berorganisasi. Hal ini terbukti ketika dia dipercaya mengisi kedudukan Ketua I Senat Mahasiswa IAIN (SMPT) dan Ketua Departemen Pengkaderan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Ujung Pandang.


Andi Ikram mengawali karirnya sebagai Staf Pengadilan Agama Sengkang pada tahun 1994. Ia kemudian dipercaya menjadi Hakim Tingkat Pertama Pengadilan Agama Sengkang sebelum dipindahkan ke Pengadilan Agama Depok.


Pada 28 Juni 2013, ia terpilih sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Depok. Dan pada 3 September 2015 ia menjadi Ketua di lembaga yang sama.


Pasangan Andi Akram bersama ke Tiga Malaikat kecilnya

Dari Depok, ia dipindahtugaskan ke Pengadilan Agama Jakarta Utara dan menjabat sebagai Ketua terhitung sejak tanggal 12 Juni 2019. Selanjutnya, ia juga pernah menjadi Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan di tahun 2020.


Karirnya pun terus melejit dan di tahun 2021 ia dipercaya mengemban tugas sebagai Kepala Pusat Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Hakim Tinggi Yustisial Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Kaltim sejak 23 Agustus 2022.


Selama perjalanan karirnya, meskipun sibuk, pria yang hobi membaca dan berolahraga ini juga terus aktif dalam sejumlah organisasi. Kini, ia menduduki posisi Ketua Komisi II PP IKAHI. 


Hakim karier seperti Andi Akram yang bersahaja dan dikenal dekat dengan kalangan wartawan inilah yang patut dibanggakan sekaligus merupakan aset bernilai tinggi bagi lembaga Mahkamah Agung RI.


" Hidup didunia yang fana ini hanyalah sementara saja dan istilahnya, kita hanya numpang lewat belaka, maka biarlah selama diberi nafas kehidupan, saya bisa mengemban tugas yang amanah dan berdampak positip buat banyak orang, karena lama atau cepat kita semua akan kembali pulang kepada Sang Kholik" pungkas Andi Akram *** Emilisa


Dapatkan berita aktual menarik lainnya, hanya klik Beranda dibawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved