Headlines News :
Home » » Gara-gara Peta, Film Barbie Dilarang Tayang di Vietnam dan Filipina

Gara-gara Peta, Film Barbie Dilarang Tayang di Vietnam dan Filipina

Written By Info Breaking News on Kamis, 06 Juli 2023 | 08.03

Margot Robbie dan Ryan Gosling berperan sebagai Barbie dan Ken dalam film Barbie karya Greta Gerwig

Jakarta, Info Breaking News
- Vietnam menjadi negara Asia Tenggara pertama yang melarang penayangan film Barbie.

Dewan Evaluasi Film Nasional Vietnam pada Senin (3/7/2023) menyampaikan larangan ini diberlakukan terkait adegan yang menampilkan peta yang sensitif secara politik mengenai Asia Tenggara.


Peta tersebut menunjukkan garis "sembilan coretan" yang kontroversial. Garis berbentuk U tersebut menandakan klaim teritorial Tiongkok di Laut China Selatan. 


Sejumlah negara seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, dan Brunei menganggap klaim tersebut melanggar kedaulatan mereka.


Melalui penggunaan garis sembilan coretan ini, Tiongkok mencoba mengklaim 90% dari Laut China Selatan. Pada tahun 2016, pengadilan internasional Den Haag menyatakan bahwa Tiongkok tidak memiliki dasar hukum untuk klaim itu. 


Tak terima, Beijing justru mengerahkan kekuatan militer di area tersebut dengan membangun instalasi militer yang luas di pulau-pulau yang sebelumnya tidak berpenghuni di wilayah tersebut.


Langkah Vietnam ini menginspirasi Filipina untuk mengambil keputusan yang sama.


"Jika garis 'sembilan coretan' yang tidak valid tersebut benar-benar ditampilkan dalam film Barbie, maka MTRCB (Lembaga Tinjauan dan Klasifikasi Film dan Televisi) Filipina harus melarang film tersebut karena hal itu merendahkan kedaulatan Filipina," kata Senator Filipina Francis Tolentino kepada Hollywood Reporter.


Tolentino menilai menyunting adegan kontroversial tersebut bisa menjadi "titik tengah" kompromi bagi regulator film di Filipina dan studio film. Namun, langkah tersebut berisiko memicu kemarahan regulator film di Tiongkok, di mana Barbie sudah mendapatkan persetujuan untuk penayangan dan diperkirakan akan mendapatkan pendapatan yang jauh lebih besar daripada di Asia Tenggara.


"Kami mengonfirmasi bahwa Dewan telah meninjau film Barbie pada hari ini, 4 Juli 2023. Saat ini, Komite Peninjauan Pertama sedang membahas permohonan Warner Brothers F.E. Inc. untuk izin penayangan," tulis MTRCB Filipina pada hari Selasa (4/7/2023) seperti dikutip dari laman resminya.


Warner Bros sejauh ini belum memberikan komentar terkait adegan kontroversial tersebut.


Meskipun dianggap sebagai pasar film yang lebih kecil, sebuah film Hollywood besar dapat menghasilkan pendapatan antara US$ 5 juta hingga lebih dari US$ 10 juta di setiap negara tersebut.


Ini bukan kali pertama Vietnam dan Filipina merasa tersinggung dengan film-film Amerika Serikat yang menampilkan peta yang condong pro kepada Tiongkok. Sebelumnya, film Uncharted yang dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Tom Holland juga dilarang tayang di kedua negara karena alasan yang sama.


Film Barbie karya sutradara Greta Gerwig dan dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling akan dirilis secara internasional pada tanggal 19 Juli mendatang. ***Deviane


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved