Headlines News :
Home » » Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Pasar Tradisional Masih Belum Sukses

Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Pasar Tradisional Masih Belum Sukses

Written By Info Breaking News on Jumat, 05 November 2021 | 13.33

Ilustrasi kantong plastik

JAKARTA, INFO BREAKING NEWS - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyayangkan masih banyaknya pedagang di pasar tradisional yang masih menggunakan kantong plastik.

“Kalau kita lihat data di pasar swalayan itu mencapai 100 persen sukses kemudian kalau di mal itu bisa mencapai 90-99 persen. Yang memang belum sukses betul itu di pasar tradisional masih di kisaran 50 persen," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (4/11/2021). 


Ia pun mengharapkan adanya peningkatan sosialisasi mengenai dampak penggunaan kantong plastik di masyarakat. Hal tersebut agar masyarakat terbiasa untuk tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja. 


"Kita mendorong agar para pedagang masyarakat agar terus membiasakan tidak menggunakan kantong plastik," tuturnya.


Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyebut penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di DKI Jakarta turun 82 persen setelah pemberlakuan Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.


Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Rita Ningsih dalam diskusi virtual pada Selasa. 22 Juni 2021, Kata dia, angka tersebut diperoleh berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) pada Desember 2020.


Meski telah terjadi penurunan, Rita menegaskan DLH DKI Jakarta akan terus melakukan pengawasan di tiga lokasi, yaitu di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat.


Saat ini yang masih terkendala adalah di pasar. Oleh karena itu, DLH DKI terus berupaya untuk berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya guna mendorong agar Pergub Nomor 142 Tahun 2019 bisa diterapkan dengan baik di pasar. ***Candra Ha Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved