Headlines News :
Home » » Kurangi Polusi Udara, Pengusaha Rental Ajak Warga Gunakan Mobil Listrik

Kurangi Polusi Udara, Pengusaha Rental Ajak Warga Gunakan Mobil Listrik

Written By Info Breaking News on Selasa, 15 Agustus 2023 | 09.54


Bogor, Info Breaking News
- 55 pengusaha rental mobil Indonesia yang tergabung dalam Rent Car Indonesia (RCI) mengajak masyarakat untuk menggunakan mobil listrik sebagai upaya mengurangi emisi kendaraan demi mengatasi masalah polusi udara yang semakin memburuk di wilayah Jabodetabek.

Sebelumnya, para pengusaha telah menerima dengan baik instruksi dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pengujian emisi kendaraan di wilayah Jabodetabek sebagai upaya menangani polusi udara. Mereka telah menyiapkan armada kendaraan listrik untuk melayani pelanggan di wilayah tersebut.


"Polusi udara memang menjadi perhatian kita bersama. Seluruh anggota RCI telah sepakat menggunakan kendaraan listrik dalam layanan rental mobil, baik untuk sektor pariwisata, perusahaan, ritel, dan sektor lainnya," tutur Ketua Umum RCI Rescky N. Roma dalam Musyawarah Daerah I di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin malam (14/8/2023).


Rescky mengatakan, Musyawarah Daerah (Musda) 1 ini digelar untuk mengajak para anggota membantu mengembangkan dunia transportasi, khususnya transportasi sewa angkutan khusus.


"Khususnya dalam penyewaan angkutan, ini merupakan program pemerintah dan kami di RCI memiliki program untuk mengurangi emisi transportasi dengan mendukung penggunaan mobil listrik dalam penyewaan mobil," katanya.


Dalam rapat terbatas yang diadakan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (14/8/2023), Presiden Jokowi menjelaskan ada sejumlah faktor yang menyebabkan kualitas udara menurun, termasuk musim kemarau yang berlangsung selama tiga bulan terakhir sehingga meningkatkan konsentrasi polutan tinggi di udara.


Presiden Jokowi menginstruksikan para pejabatnya untuk merancang strategi guna memperbaiki kualitas udara di wilayah Jabodetabek. Langkah-langkah tersebut antara lain mencakup rekayasa cuaca untuk memicu hujan di wilayah tersebut, percepatan penerapan regulasi emisi standar Euro 5 dan Euro 6 di Jabodetabek, serta pengembangan lebih lanjut terhadap ruang terbuka hijau.


Lebih lanjut Jokowi juga merencanakan pemberlakuan uji emisi wajib bagi kendaraan pribadi dan angkutan umum, penerapan 4-in-1, memperbanyak work from home (WFH) atau kerja dari rumah, melarang mobil berusia 10 tahun ke atas beroperasi di Jabodetabek, dan pembebanan pajak kemacetan (congestion pricing). ***Juwandi Supriyadi


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved