Headlines News :
Home » » Jokowi: TNI Harus Jaga Netralitas dan Terus Bersinergi dengan Polri Jelang Pemilu 2024

Jokowi: TNI Harus Jaga Netralitas dan Terus Bersinergi dengan Polri Jelang Pemilu 2024

Written By Info Breaking News on Kamis, 05 Oktober 2023 | 09.04


Jakarta, Info Breaking News - Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran TNI agar terus menjaga netralitas di tahun politik.

Amanat itu ia sampaikan saat menghadiri upacara Peringatan HUT TNI yang ke-78 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).


Jokowi juga menekankan agar TNI terus bersinergi dengan Polri, khususnya pada Pemilu 2024 nanti.


"Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria," tegas Jokowi.


"Selalu jadikan Sapta Marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak," imbuhnya.


Secara khusus Presiden meminta TNI untuk menjaga kondisi Indonesia tetap damai di tahun politik Pemilu 2024. Ia meminta agar para prajurit dapat memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa beda pilihan politik dan menang kalah dalam Pemilu adalah hal yang wajar.


"Kita telah memasuki tahun politik. Saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang kalah itu juga wajar," ungkap.


Diketahui, hari ini Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara HUT ke-78 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat. Jokowi hadir didampingi oleh Ibu Negara Ariana, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta Ibu Wurry Estu Handayani.


Jokowi beserta rombongan tiba sekitar pukul 07.59 WIB. Presiden kemudian menuju mimbar upacara dengan didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan para kepala staf.


Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan pasukan upacara bersama Panglima TNI dan Komandan Upacara, dengan menaiki Tank BMP-3F Korps Marinir.


Turut hadir dalam acara tersebut Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


Selanjutnya, ada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menko Polhukam Mahfud Md, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, hingga Ketua KPK Firli Bahuri.


Adapun Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad, Mayjen TNI Choirul Anam bertindak sebagai Komandan Upacara. 


Dalam HUT ke-78 TNI, Jokowi juga menganugerahkan tanda kehormatan kepada para anggota TNI yang berjasa dalam perkembangan TNI. Mereka adalah Pangdam XIII/MDK Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos, dan Pangkoopsud II Marsda TNI Andi Kustoro. ***Abdul Rahman


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved